5 Alasan Baca Serial Bumi Tere Liye: Petualangan Dunia Paralel


Tere Liye merupakan salah satu penulis Indonesia yang sudah membuat banyak karya-karya. Setiap karyanya pasti memiliki pesan tersirat yang tidak jarang relate dengan kondisi di sekitar. Salah satunya adalah karya serial Bumi yang berjumlah 13 novel itu. 

Serial Bumi ini berkisah tentang petualangan 3 orang sahabat bernama Raib, Seli dan Ali. Ketiganya ini hanyalah murid sekolah menengah yang memiliki kekuatan untuk bertualang ke dunia paralel. Serial ini dimulai dari novel berjudul Bumi dengan cover berwarna hijau. 

Adapun untuk urutannya adalah Bumi, Bulan, Matahari, Bintang, Ceros & Batozar, Komet, Komet Minor, Selena, Nebula, Si Putih, Lumpu, Bibi Gill dan SagaraS. Kabarnya masih akan ada kelanjutan dari SagaraS dan cerita dunia paralel menarik lainnya. 

Alasan Baca Serial Bumi 

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa harus membaca serial Bumi yang sampai saat ini ada 13 buku itu. Apalagi jumlah halamannya lebih dari 300 halaman, tidak jarang membuat orang pusing. Beberapa alasan berikut mungkin bisa membuat kamu penasaran untuk membaca semua serialnya.

1. Berkenalan dengan Tempat-Tempat Baru

Ini adalah novel fantasi karya Tere Liye yang mengajak pembaca untuk mengenal banyak tempat-tempat baru. Tentu saja kamu tidak akan menemukan tempat itu, akan tetapi sebenarnya seru kalau membayangkannya. 

Mulai dari novel Bumi sampai Sagaras, Tere Liye sangat detail menggambarkan tempat-tempat yang didatangi oleh ketiga sahabat itu (Raib, Seli dan Ali). Seperti ketika mereka berada di Klan Bulan, penulis mampu menceritakan tentang bagaimana sih kehidupan di Klan Bulan itu. 

Seperti bentuk bangunannya yang berbeda dari rumah-rumah di Bumi, lebih banyak bangunan di bawah tanah serta kehidupan masyarakat di sana. Contoh lainnya yaitu ketika berada di Klan Bintang, di mana semua bangunan di sana dibangun dengan bentuk simetris. 

Kebayang nggak sih kayak gimana bentuknya? Lalu masih banyak lagi contoh tempat-tempat yang  diceritakan dalam novel tersebut. Jadi kalau kamu penasaran langsung aja baca semua novelnya ya!

2. Alur yang Membuat Penasaran 

Selain karena menceritakan tempat-tempat unik di dunia paralel, alur yang membuat penasaran juga menjadi alasan mengapa kamu harus baca serial Bumi Tere Liye ini. Akan ada banyak pertarungan-pertarungan seru yang diceritakan dengan detail. 

Tokoh yang terlibat sebenarnya tidak semua memiliki kekuatan akan tetapi ada kelebihannya masing-masing. Salah satu bagian yang membuat penasaran adalah ketika menceritakan tentang sosok Si Tanpa Mahkota. 

Dalam novel diceritakan bahwa Si Tanpa Mahkota itu adalah sosok raja yang hebat dengan segala kekuatannya tetapi sangat disayangkan karena dia berada di dalam penjara yang tidak tahu di mana letak penjaranya itu. 

Bagian ini yang paling membuat penasaran mengenai bagaimana ketiga sahabat itu akan melawan Si Tanpa Mahkota. Selain itu penulis juga berhasil menceritakan bagaimana pertarungan yang terjadi antara setiap tokoh. 

Membaca bagian ini seperti membayangkan bagaimana keseruan pertarungan di tempat kejadian. Rasanya seperti membaca novel action yang latarnya berada di dunia paralel, dunia yang entah bentuknya seperti apa. 

3. Kisah Persahabatan yang Manis

Serial Bumi Tere Liye ini juga mengangkat kisah persahabatan yang sangat manis. Awalnya hanya Raib dan Seli saja yang bersahabat, lalu datang Ali. Ali ini merupakan anak paling genius tetapi dia malas, selalu menjadi bahan amarah guru-guru di sekolah karena nilainya selalu jelek. 

Ketika bertarung ke dunia paralel, Ali menunjukkan sisi yang berbeda. Sisi di mana ternyata dia sangat menyayangi kedua sahabatnya. Pun ketika Ali kehilangan kekuatan, Raib dan Seli merasa terpukul dan sedih, mereka menangis selama perjalanan ke dunia paralel. 

Ketiganya digambarkan sebagai anak yang saling membantu dan mendukung satu sama lain. Ketika satu sakit maka yang lain akan merasakan sakit, ketika yang lain senang maka semuanya akan merasakan senang. 

Bagian paling mengharukan adalah ketika mereka bertiga sama-sama membantu Ali untuk mencari orangtuanya yang sudah lama ia rindukan. Ketiganya rela berkorban demi Ali bertemu dengan Ibunya. 

4. Cover yang Menarik 

Kalau kamu sadar, setiap cover serial Bumi Tere Liye ini menggambarkan setiap isi dari novelnya. Jadi apa yang ditemui oleh ketiga sahabat itu ketika di dunia paralel, sudah digambarkan sebelumnya di bagian sampulnya. 

Selain itu setiap judulnya juga memiliki warna yang berbeda-beda dan sangat cerah. Jadi sebelum membaca novelnya mungkin kamu bisa menebak-nebak, kamu akan bertemu karakter apa di novel tersebut. 

5. Banyak Pesan Moralnya 

Bukan hanya sekedar novel saja, sama seperti novel-novel Tere Liye lainnya penulis selalu menyelipkan pesan moral di setiap novelnya. Seperti tentang bagaimana bertahan hidup setelah mengalami kehilangan. 

Hal ini dialami oleh Bibi Gill selaku petarung dunia paralel terkuat, dia harus mengalami kehilangan selama beberapa kali. Tetapi ada sesuatu yang membuatnya untuk terus bertahan hidup walaupun keadaannya sulit. 

Selain itu Tere Liye juga mengajak pembaca untuk tidak meremehkan orang lain apapun latar belakangnya. Bisa saja orang yang kamu anggap biasa seperti penjaga kantin adalah orang-orang yang luar biasa. 

Bibi Gill hanya seorang penjaga kantin di sebuah kampus di Klan Bulan, akan tetapi ternyata dia adalah pemilik kekuatan super dari dunia paralel. Kata don’t judge book by its cover ternyata benar adanya. 

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus membaca serial Bumi Tere Liye setidaknya satu kali seumur hidup. Kalau kamu penasaran bagaimana ceritanya langsung beli novelnya di toko buku kesayangan kamu! Atau kamu bisa baca ulasan setiap novelnya di link berikut ini. 

Ulasan Novel Bumi

Ulasan Novel Bulan

Ulasan Novel Matahari

Ulasan Novel Bintang

Ulasan Novel Ceros dan Batozar

Ulasan Novel Komet

Ulasan Novel Komet Minor

Ulasan Novel Selena

Ulasan Novel Nebula

Ulasan Novel Si Putih

Ulasan Novel Lumpu

Ulasan Novel Bibi Gill

Ulasan Novel Sagaras

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url