[Mengulas Buku] Serial Bumi: Novel Kesebelas Lumpu



 Judul : Lumpu

Penulis : Tere Liye

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 

Halaman : 368 halaman 


BLURB

Yes! Akhirnya Raib, Seli dan Ali kembali bertualang. Kalian sudah kangen dengan trio ini? Misi mereka adalah menyelamatkan Miss Selena, guru matematika mereka. Tapi, apakah semua berjalan mudah? Siapa yang bersedia membantu mereka? Kali ini si genius Ali memutuskan meminta bantuan dari sosok yang tidak terduga, karena musuh dari musuh adalah teman. 

Apakah Raib bisa melupakan masa lalu itu dengan memaafkan Miss Selena? Bagaimana dengan Tazk? Apakah Raib bisa bertemu lagi dengan ayahnya, atau itu masih menjadi misteri? Bagaimana dengan jejak ekspedisi Klan Aldebaran 40.000 tahun lalu? Benda apa saja yang ditinggalkan oleh perjalanan besar tersebut?

Pertarungan panjang telah menunggu mereka. Dan lawan mereka adalah Lumpu, petarung yang memiliki teknik unik yaitu melumpuhkan lawan. Itu teknik yang amat menakutkan, karena Lumpu bisa menghabisi teknik bertarung. Jangan-Jangan....Siapa di antara Raib, Seli dan Ali yang akan kehilangan kekuatan di dunia paralel? 


REVIEW

Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku akan mengulas novel ke-11 dari serial Bumi yang judulnya Lumpu. Jika sebelumnya yaitu novel ke-10 itu berjudul Si Putih, Lumpu ini sudah beda cerita lagi. Lumpu adalah novel kelanjutan dari Nebula (novel ke-9) yang berkisah tentang hilangnya Miss Selena. Di sini Raib sudah mengetahui kalau Mata dan Tazk adalah orangtuanya, Mata adalah ibu Raib yang rela mengorbankan dirinya untuk menjaga keseimbangan dunia paralel, sedangkan Tazk adalah ayahnya yang entah sekarang ada di mana, meninggalkan Raib begitu saja. 

Miss Selena sedang diculik oleh Lumpu, Lumpu adalah petarung dunia paralel yang memiliki teknik mematikan, bisa melumpuhkan kekuatan lawan. Lumpu adalah orang yang tidak suka dengan pemilik kekuatan dan rencanya dia akan membasmi para pemilik kekuatan, setelah menculik Selena dia kemudian mengincar Tamus, orang yang terlibat dalam masalah 18 tahun lalu saat Miss Selena, Tazk dan Mata datang ke Klan Nebula untuk mengambil Cawan Keabadian (baca ulasan Selena dan Nebula agar tahu kelanjutan kisahnya). 

Lumpu merupakan novel yang bercerita tentang petualangan trio (Raib, Seli dan Ali) yang akan menyelamatkan Miss Selena. Cerita diawali dengan ketiga sahabat yang berencana datang ke Klan Bulan untuk untuk meminta bantuan Tamus. Rencananya itu mungkin saja membuat kaget Raib dan Seli akan tetapi Ali tentunya memiliki alasan mengapa meminta bantuan dari Tamus. Tamus sendiri adalah orang yang ambisius, ingin mengembalikan tahta kepada para pemilik kekuatan sampai dia rela mencari cara untuk menyelamatkan si Tanpa Mahkota (baca Bumi sampai Komet Minor, ada penjelasan lengkap mengenai siapa Si Tanpa Mahkota). 

Jujur aku sebenarnya sudah tidak sabar lagi membaca bagaimana petualangan ketiga sahabat ini karena di Novel Selena, Nebula dan Si Putih tidak menjelaskan petualangan tentang trio ini. Membaca blurbnya saja membuatku penasaran mengenai siapa di antara ketiga sahabat itu yang kekuatannya diambil oleh Lumpu. Pada novel ini nantinya kamu juga akan bertemu dengan tokoh baru yaitu Eins seorang ilmuwan terkemuka dari Klan Bulan yang tidak memiliki tangan. Eins ini menurutku hebat banget karena walaupun memiliki keterbatasan, tetapi tidak menjadi penghalang untuk dirinya menjadi orang yang hebat. Eins juga dijelaskan sebagai ilmuwan yang selalu produktif, dirinya memiliki banyak bahan penelitian dan selalu mengerjakan hal-hal baru setiap harinya.

Lumpu memberiku pelajaran lain mengenai persahabatan dan rasa saling memiliki. Diceritakan ketika Ali kehilangan kekuatannya yang diambil oleh Lumpu, Seli dan Raib menangis akan hal itu padahal kekuatan mereka berdua tidak diambil. Novel ini juga memberiku pelajaran mengenai memaafkan dan mengikhlaskan, meskipun Raib tahu kalau Miss Selena adalah kunci mengapa Ibunya meninggal, tetapi Raib memilih untuk memaafkannya dan menyelamatkan guru matematikanya itu. Selain itu Lumpu juga mengajarkan tentang saling percaya, seperti halnya ketiga sahabat yang memilih untuk meminta bantuan dari Tamus padahal Tamus adalah musuh mereka dan dia orang jahat. 

Tetapi mereka bertiga bersama Tamus berusaha untuk melawan Lumpu. Tokoh lain yang juga ada dalam novel Lumpu akan tetapi hanya muncul sedikit saja di detik-detik terakhir pertarungan melawan Lumpu adalah Kosong dan Lambat. Mereka adalah dua orang yang masih hidup sejak pertarungan 18 tahun lalu melawan raksasa di Klan Nebula. Kosong dan Lambat juga sama seperti Lumpu yang memiliki teknik unik, tetapi sifatnya sangat berbeda dengan Lumpu. Lumpu dendam dengan para pemilik kekuatan yang mengacau dunia paralel, padahal Kosong dan Lambat juga memiliki nasib yang sama, akan tetapi mereka memilih untuk mengikhlaskan saja.  Ada kutipan yang paling aku suka yang menggambarkan tokoh Eins. 

Orang tua berambut acak-acakan ini keren. Meski dia tidak memiliki kedua tangan, itu tidak menghalanginya menjadi ilmuwan hebat.” (hlm. 226)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url