[Mengulas Buku] Ulasan Serial Bumi: Novel Kesembilan Nebula

 


Judul : Nebula

Penulis : Tere Liye 

Halaman : 376 halaman 

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

BLURB 

Selena dan Nebula adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan. Kedua buku ini juga bercerita tentang Klan Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik di seluruh Klan Bulan.

Tentang persahabatan tiga mahasiswa yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme dan pengkhianatan. 

Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel yang diungkap. Di dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya. Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuju Klan Aldebaran. 

REVIEW

Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku akan mengulas sebuah novel serial Bumi yang ke-9 judulnya Nebula. Nebula merupakan kelanjutan dari buku kedelapan yang berjudul Selena (baca ulasan Selena di sini), jadi kalau kamu mau membaca buku Nebula pastikan kamu sudah membaca Selena ya! Nebula berkisah tentang perjalanan Tazk, Mata dan Selena mencari Cawan Keabadian di Klan Nebula. Cerita bermula dari Selena yang sedang liburan panjang, dia memutuskan untuk membantu Paman Raf bekerja. Paman Raf adalah paman Selena yang sangat cerewet, dia sedang menyiapkan sebuah proyek untuk pembangunan Tower Sentral, Selena membantu meyakinkan pihak Tower Sentral untuk mempercayakan tim Paman Raf yang akan mengurus proyek pembangunan renovasi Tower Sentral. 

Sejak awal cerita, novel ini sudah seru membahas tentang kenekatan Tazk, Mata dan Selena yang mencuri gerbong kereta karena mereka terlambat tiba di ABTT (Akademi Bayangan Tingkat Tinggi – Sekolah terbaik di Klan Bulan), bagian ini seru sekali menurutku karena Mata diminta untuk pura-pura panik akan melahirkan demi mengelabui petugas kereta yang sudah curiga ada yang salah dengan gerbong yang dikendarai oleh mereka bertiga itu. Uniknya gerbong tersebut kehilangan kendali hingga lagi-lagi, mereka merusak acara inaugurasi di ABTT dan membuat Master Ox mengeluarkan kata-kata pamungkasnya “BULAN SABIT GOMPAL!” ketika membaca buku Selena dan Nebula kalian akan sering menemukan kata-kata itu hahaha....

Lewat buku ini kalian akan tahu kalau ternyata Mata adalah pemilik keturunan murni yang berhak memegang Buku Kehidupan. Mata adalah seorang putri yang memiliki kode genetik unik sehingga dirinya menguasai teknik bertarung dunia paralel yang unik juga salah satunya adalah dengan membuat gerbong kereta tetap mengambang di udara ketika memasuki ruangan inaugurasi. Novel ini menceritakan secara cepat mengenai kehidupan perkuliahan Selena, yang juga masih menjadi murid Bibi Gill untuk mata kuliah Malam & Misterinya di mana hanya Selena satu-satunya mahasiswa ABTT di angkatannya yang mengikuti mata kuliah tersebut karena dirinya berhasil menemukan ruangan tempat kuliah pertama kali, Selena memiliki kelebihan matanya yang tajam sehingga ia mudah mengingat sesuatu. 

Novel ini menggunakan alur maju mundur, beberapa bagian menceritakan tentang kisah Selena dan ada bagian yang mengisahkan tentang masa kini. Jadi Selena diculik oleh seseorang dan dirinya mencoba menghubungi Raib, Ali dan Seli di Klan Bumi, menceritakan semua hal termasuk tentang kedua orangtua Raib. Nantinya kalian akan mengetahui siapa orangtua Raib yang sebenarnya dan apa yang terjadi dengan kedua orangtuanya sampai Raib ada di Klan Bumi. 

Kemudian cerita berlanjut ketika ketiga sahabat tersebut akan mengadakan proyek akhir, Selena sengaja mengubah data agar dirinya bisa bersama kedua sahabatnya, Mata dan Tazk . Sebelumnya ketiganya sudah berencana untuk pergi ke Klan Nebula yang ada di Distrik Sungai-Sungai Jauh, tempat Mata tinggal, oleh karena itu Selena mengubah data tersebut. Akhirnya hari itu tiba, mereka bertiga berbohong kepada Flo dan Flau selaku dosen pembimbing lapangan agar mereka mau meminjamkan Paruh Peraknya untuk pergi ke Klan Nebula. 

Sebenarnya aku menaruh ekspektasi tentang Klan Nebula ini, aku kira akan seseru kehidupan di klan lainnya seperti Klan Bulan, Klan Matahari dan Klan Bintang, ternyata tidak. Klan Nebula bukanlah tempat yang luas, klan ini juga disebut dengan penjara. Mengetahui cerita tentang Klan Nebula, nantinya kamu akan berkenalan dengan banyak tokoh baru seperti Lumpu (si pemilik teknik paling mematikan), Kosong, Lambat dan ketiga raja raksasa yang terkunci di Klan Nebula. Novel ini juga memberi pelajaran tentang pengorbanan dari seorang sahabat sejati, pengorbanan yang dilakukan oleh Mata untuk melindungi dunia paralel.

Aku sempat kesal sekali dengan Selena yang gelap mata, sebenarnya dirinya sudah diingatkan oleh Bibi Gill untuk tidak pergi ke klan tersebut tetapi Selena tidak peduli, dia juga tidak menceritakan hal tersebut kepada dua sahabatnya. Selena sebenarnya gambaran orang-orang zaman sekarang, ambisius. Dirinya dipenuhi dengan ambisi sampai melakukan hal yang membahayakan keselamatan dunia paralel. Akan tetapi lewat tokoh Selena ini aku jadi belajar kalau sebaiknya kita berfikir dua kali ketika ingin melakukan sesuatu, apakah sesuatu itu baik dan tidak membahayakan siapapun. Novel ini juga berkisah tentang hubungan Tamus dan Selena yang berakhir buruk. Wah seru nggak kisahnya? Kalau seru jangan lupa untuk baca bukunya ya! Happy reading 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url