Ulasan Serial Bumi: Novel Kedelapan Selena




 Judul        : Selena

Penulis     : Tere Liye

Halaman  : 368 halaman

Penerbit   : PT Gramedia Pustaka Utama

BLURB

Selena dan Nebula adalah buku ke-8 dan ke-9 yang menceritakan siapa orangtua Raib dalam serial petualangan dunia paralel. Dua buku ini sebaiknya dibaca berurutan. 

Kedua buku ini juga bercerita tentang Akademi Bayangan Tingkat Tinggi, sekolah terbaik Klan Bulan. Tentang persahabatan tiga mahasiswa yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tapi petualangan itu berakhir buruk, saat persahabatan mereka diuji dengan rasa suka, egoisme dan pengkhianatan. 

Ada banyak karakter baru, tempat-tempat baru, juga sejarah dunia paralel diungkap. Dua buku ini kalian akan berkenalan dengan salah satu karakter paling kuat di dunia paralel sejauh ini. Tapi itu jika kalian bisa menebaknya.  Dua buku ini bukan akhir. Justru awal terbukanya kembali portal menuku Klan Aldebaran.

REVIEW

Hai kembali lagi di blogitawelasti, sekarang aku mau ulas buku ke delapan dari serial bumi berjudul Selena. Sesuai dengan judulnya, novel ini berkisah tentang masa lalu kehidupan Miss Selena atau Miss Keriting yang merupakan guru Matematika dari Raib, Seli dan Ali. Selena berasal dari keluarga tidak mampu di Distrik Sabit Enam, ketika Ibunya meninggal Selena diminta untuk pergi ke Kota Tishri (Ibu Kota Klan Bulan) untuk menemui Paman Raf. 

Setibanya di Kota Tishri, Selena langsung disambut dengan gembira oleh Bibi Leh (istri Paman Raf), lalu seketika itu Selena langsung diminta untuk bekerja di tempat kontruksi Paman Raf, Bibi Leh tidak setuju, tetapi Selena mengerti kalau dia menumpang dan harus bekerja. Selena dilahirkan dengan kode genetik unik dia memiliki kekuatan Klan Bulan seperti membuat tameng transparan dan pukulan berdentum, Selena juga memiliki kemampuan seorang pengintai. 

Paman Raf digambarkan sebagai laki-laki yang banyak bicara dan yang dipikirannya hanyalah kerja, kerja dan kerja. Berbeda dengan Bibi Leh yang lebih lembut dan penyayang. Hidup Selena berubah menjadi lebih berwarna ketika tinggal di Kota Tishri, dia bertemu banyak anak buah Paman Raf yang baik seperti Bow dan Aq. 

Selena banyak belajar di lokasi konstruksi, dia mendapatkan pelajaran baru. Tetapi yang menjadi pertanyaannya adalah mengapa kekuatannya tidak bisa maksimal, seperti ada yang mengunci kekuatan di dalam tubuhnya. Kemampuan pengintainya membuat Selena naik pangkat dan Aq selaku mandor memberinya banyak buku pelajaran agar Selena mau belajar sampai akhirnya dia menyukai buku.

Buku ini nantinya juga akan berkisah tentang Selena yang ingin masuk ke Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT), sekolah terkeren di Klan Bulan. Selena juga akan bertemu dengan Tamus, ia akan menjadi murid Tamus dan Tamus-lah yang membantunya untuk masuk ke ABTT. Bagian yang seru adalah ketika Selena membuat kerusuhan di acara inaugurasi ABTT, dirinya memaksa harus berhasil masuk ke ABTT dengan melawan para mahasiswa tingkat akhir. 

Buku ini juga berkisah tentang persahabatan 3 mahasiswa yaitu Selena, Tazk dan Mata. Mata merupakan teman perempuan yang berasal dari Distrik Sungai-Sungai Jauh, dirinya ternyata pemilik keturunan murni yang menyimpan banyak kekuatan menarik. Tazk adalah mantan anggota boyband dan cucu dari mantan Pasukan Bayangan (pasukan di Klan Bulan), yang terlalu mengejar kesempurnaan. Mereka bertiga mengingatkanku pada Raib, Seli dan Ali, aku seperti membayangkan kalau Mata adalah Seli, Tazk adalah Ali dan Selena adalah Raib.

Menurutku karakter Mata ini sangat unik, dia tidak pernah menaruh rasa iri terhadap ketiga sahabatnya, tidak menganggap Tazk dan Selena adalah seorang saingan walaupun kedua sahabatnya itu dinobatkan sebagai mahasiswa terbaik satu angkatan. Mata juga bukan orang yang ambisius, dia menjalani kehidupan kuliahnya dengan menjadi dirinya sendiri, saling membantu dan setia kawan. Pembaca juga akan mengenal banyak tokoh baru seperti Master Ox, kelima anak Paman Raf dan tokoh-tokoh lainnya.

Buku ini sepertinya sama dengan buku Ceros dan Batozar, hanya sebagai buku pengenalan tokoh-tokoh yang ada di serial Bumi. Setelah selesai membaca buku Selena ini, pastikan kamu sudah memiliki buku ke-9 yang berjudul Nebula. Di Nebula nanti pembaca akan diajak untuk berpetualang bersama Raib, Seli dan Ali serta mengetahui siapa orangtua kandung Raib yang sesungguhnya. Intinya aku merasa penasaran dengan novel Nebula setelah membaca Selena ini.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url