[Mengulas Buku] Ulasan Buku Bumi

 


Penulis                : Tere Liye

Penerbit              : Gramedia Pustaka Utama

Tahun                   : 2014

Halaman               : 440 halaman

Halo aku Gita, balik lagi nih di blog aku yang temanya “Mengulas Buku”. Sekarang aku mau ulas buku karya Tere Liye, penulis terkenal yang pasti udah nggak asing lagi kan di telinga kamu? Sebenarnya aku udah penasaran dari dulu soal buku Bumi Series tapi baru kesampaian beli di 2021 akhir kemarin haha.... Awalnya kepo banget sama isinya, waktu aku beli bukunya juga was-was bakal bagus nggak ya jalan ceritanya? Ternyata bagus banget!

Bumi merupakan buku pertama dari serial Bumi. Sebenarnya udah dari dulu banget aku pengen beli bukunya karena penasaran sih, karena ini buku fantasi pertama yang aku baca karya Tere Liye, cuma baru kesampaian beli di 2021 kemarin hehe. Aku nggak punya ekspektasi apa-apa sama buku ini, jadi ya aku cuma modal penasaran terus beli. 

Jadi Bumi di sini menceritakan kisah petualangan Raib dan kedua temannnya Seli dan Ali. Raib ini sesuai sama namanya, dia punya kekuatan yang bisa menghilang. Kedua temannya juga sama, Seli yang bisa mengeluarkan petir dan Ali yang genius tapi pemalas bisa berubah menjadi seekor beruang raksasa. 

Cerita dimulai dari saat Raib dan Seli yang terkena musibah sepulang sekolah, mereka hampir celaka karena terkena tiang listrik. Berlanjut ke pertemuannya dengan Ali yang membawa mereka ke aula. Ali tahu bahwa kedua temannya memiliki kekuatan jadi Ali menyembunyikan temannya di aula. Petualangan mereka dimulai saat Raib dan Seli terkena musibah hampir kena tiang listrik. Petualangan berlanjut ketika Raib, Seli dan Ali berada di aula dan bertemu dengan sosok yang tidak asing di mata Raib, namanya Tamus dan berusia 1000 tahun. 

Tamus berasal dari Klan Bulan yang juga termasuk makhluk bayangan. Ingin menculik Raib karena ada misi tertentu. Kemudian datanglah Selena yang merupakan guru matematika ketiga anak tersebut yang datang untuk membantunya. Mereka bertiga masuk ke dunia paralel bernama Klan Bulan, walaupun Raib masih sering kesal dengan Ali tetapi akhirnya mereka bertiga bisa bersahabat.

Bumi mengajarkan kita tentang ikatan sahabat dan setia kawan. Dibuktikan dari Seli, Ali yang ikut dengan Raib untuk menyelematakan Miss Selena dari makhluk bayangan. Sejak berada di Klan Bulan, Raib menjadi tahu bagaimana kehidupannya yang sebenarnya. Di sini aku suka banget sama tokoh Ali, Ali adalah murid genius yang selalu penasaran dengan banyak hal, ia bahkan merasa senang terdampar di Klan Bulan padahal kedua temannya sangat takut. Lalu dalam satu buku ini bagian yang paling mendominasi adalah Ali dengan ide briliannya. Aku selalu suka kalau Ali sudah terlibat, karena idenya pasti jenius. Tetapi tentu saja yang lebih jenius adalah penulisnya, alur ceritanya sangat keren. 

Alur ceritanya khas dengan Tere Liye banget yang selalu mengaitkan kehidupan sehari-hari dalam alur yang bisa diambil pelajarannya. Contohnya adalah terkait dengan teori ikan buntal yang tentu saja sangat berkaitan dengan kelebihan Ali. Memangnya apa kelebihan Ali? Baca aja bukunya dan kamu pasti bakal terkejut! Tetapi di balik kelebihannya ada juga bagian yang aku bingungkan seperti ketika Ali yang mendadak memiliki kekuatan dan entah kekuatannya berasal dari mana, padahal Ali dari Klan Bumi atau makhluk rendah. Berbeda dengan Raib dan Seli yang jelas kekuatannya berasal dari mana yaitu Raib yang merupakan keturunan raja di Klan Bulan dan Seli yang berasal dari klan Matahari. 

Aku suka Ali juga karena dia orang yang mau terus belajar. Aku suka kata-katanya “aku tidak mau menjadi orang tolol selamanya.” Saat itu Ali memaksa Raib untuk membuatkan kamus bahasa Klan Bulan agar ia bisa berinteraksi dengan orang-orang yang berada di Klan Bulan. Oke ini review singkat dari aku tentang buku Bumi. Wah sangat seru sekali ceritanya! Kamu harus membacanya langsung deh ya! Happy reading. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url