Sinopsis & Ulasan Series Code Helix: Bercerita Tentang Hacker

Sinopsis dan ulasan web series Code Helix

Kalian pernah mendengar istilah hacker? Penasaran bagaimana menjadi seorang hacker? Kamu bisa mencari jawabannya dalam serial Code Helix. Series ini terdiri dari 8 episode yang setiap episodenya berdurasi sekitar 45 sampai 49 menit.

Code Helix adalah series web yang tayang di Vidio pada Juni 2022. Code Helix ini diangkat dari sebuah komik dengan judul yang sama karya Bryan Affiandy dan Nikki Dibya. Series ini berkisah tentang seorang hacker SMA yang membongkar privasi dari orang lain. 

Sinopsis Serial Code Helix

Serial ini berkisah tentang seorang hacker bernama Rendra yang memang jago di bidang IT. Akan tetapi satu sekolah tidak ada yang tahu kelakuan seorang Rendra. Ketika ada sesuatu yang menimpa salah seorang sahabatnya bernama Nanda, Rendra memutuskan menjadi seorang hacker. 

Rendra memutuskan menjadi seorang hacker bernama Helix yang bertugas membongkar semua sisi lain dari teman-temannya. Awalnya ia ingin melakukan ini hanya untuk melindungi Nanda, sahabat dan orang yang ia cintai. 

Akan tetapi Rendra juga menemukan kebusukan dari beberapa temannya, akhirnya dengan perantara Jati, Helix berhasil membeberkan semua kebusukan itu untuk diketahui satu sekolah. Namun di sisi lain ada Shanty seorang Dewan Keamanan Sekolah yang tidak setuju dengan perbuatan Helix.

Shanty berpikir bahwa apa yang dilakukan Helix itu salah karena membongkar privasi milik orang lain. Akhirnya dengan bantuan guru Shanty mencoba untuk mencari siapa dalang di balik Helix. Bagaimana kelanjutan ceritanya? Apakah Shanty berhasil? Kamu bisa langsung menonton serialnya di Vidio!

Ulasan Serial Code Helix

Baca sinopsis di atas sepertinya seru sekali serial ini ya? Serial ini memang seru banget dan bikin penasaran juga. Selain itu akting dari para pemain juga sangat mendukung sehingga membuat penonton betah menonton sampai akhir. Berikut ini ulasan dari serial yang diangkat dari komik dengan judul sama.

1. Hati-Hati dalam Bermain Sosial Media 

Menonton serial ini membuat penonton merasa harus berhati-hati dalam bermain sosial media. Kasus pertama yang berhasil diungkap oleh Helix ini tentang Vicky si artis sekolah tersebut yang ternyata admin dari akun Rubah Cantik. 

Akun Rubah Cantik itu berisi foto-foto perempuan yang diedit dengan tidak senooh dan hampir semua perempuan di sekolah tersebut menjadi korban. Shanty (Ashira Zamita) yang merupakan Dewan Keamanan Sekolah berusaha untuk mencari siapa admin dari akun tersebut.

Suatu hari sahabat Shanty yang bernama Nanda (Shakira Jasmine) diminta untuk mewawancarai Vicky sebagai nilai tambahan untuk tugas. Rendra yang merasa kalau Vicky itu bukan pria baik-baik akhirnya memutuskan untuk menyusul Nanda ke rumah Vicky.

Ternyata benar kalau Vicky hampir saja melecehkan Nanda dan keesokan harinya ada foto Nanda di akun Rubah Cantik. Melihat sahabatnya dalam masalah, Rendra sang ahli IT memutuskan untuk meretas akun Vicky dan mencari bukti bahwa Vicky adalah admin dari akun Rubah Cantik. 

Melihat hal ini sebagai orang yang hidup di era serba digital ini, kita harus berhati-hati dalam bermain media sosial. Jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti yang dilakukan oleh Vicky. 

Tentu saja yang dilakukan oleh Vicky itu adalah perbuatan yang bisa merugikan orang lain. Apalagi jika sampai ketahuan masalahnya akan menjadi rumit. Belum lagi ada kasus akun KPOP yang ternyata adminnya adalah Nanda dan hampir membuat anak SMP meninggal. 

Saat berucap di sosial media juga harus hati-hati, jangan sampai membuat ujaran kebencian karena itu juga bisa membahayakan diri sendiri serta orang lain. Oleh karena itu dalam bermain di dunia maya ada baiknya kita selalu berfikir dua kali jika ingin menyampaikan sesuatu. 

Pasalnya bermain di dunia online itu juga tidak jarang membuat orang lain salah kaprah tentang apa yang kita sampaikan. Jadi jika ingin mengutarakan pendapat sebaiknya gunakan bahasa yang baik dan sopan agar maksudnya bisa tersampaikan dengan jelas. 

2. Visualisasi yang Keren 

Bagian paling menarik dalam serial Code Helix ini adalah saat bagian visualisasi ketika Rendra (Ajil Ditto) yang mulai masuk ke dunia hacking. Rendra seperti sedang berada di dimensi yang berbeda saat ia bercaka-cakap dengan Jati, sang youtuber sekolah SMA Bintang Perubahan. 

Menurutku visualisasi saat Rendra mulai melakukan peretasan ini digambarkan dengan sangat keren, seolah-olah Rendra memang benar si anak jenius dalam dunia IT. Aku selalu suka ketika Rendra mulai menjalankan aksinya karena di sini bagian yang membuat penasaran. 

3. Kurangnya Pengawasan dari Sekolah

Serial ini memberikan gambaran bahwa kurangnya sekolah dalam menangani dan mengawasi siswanya sampai kecolongan. Sekolah terlambat mengetahui bakat-bakat terpendam yang dimiliki siswanya sehingga kurang diarahkan. 

Seharusnya sekolah bisa memfasilitasi Rendra selaku anak jenius IT terkait keahliannya itu. Jadi dia juga bisa tahu mana hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan. Adanya Helix (nama samaran Rendra saat menjadi hacker) ini sebenarnya memberikan dampak yang tidak baik terhadap seorang murid.

Ketika Rendra mengetahui sesuatu tentang masa lalu Indri si selebgram terkenal, Rendra membocorkan rahasianya itu. Mungkin yang dilakukan Indri itu kurang benar, tetapi setiap orang memiliki masa lalunya masing-masing dan juga memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik di masa depan. 

Seharusnya masa lalu Indri yang tidak membahayakan orang lain itu tidak dibocorkan kepada khalayak umum. Akibatnya Indri merasa malu dan takut serta memutuskan untuk pindah sekolah saja. Jika sekolah bisa mengawasi murid-muridnya kemungkinan hal ini tidak akan terjadi. 

4. Kisah Cinta Segitiga 

Selain membahas tentang seorang hacker, Code Helix ini juga menyelipkan beberapa adegan romansa kisah cinta segitiga. Kisah ini datang dari Rendra, Nanda dan Alex di mana ketiganya ini sama-sama bersahabat baik. 

Rendra memendam perasaan kepada Nanda sejak lama begitu pula dengan Alex. Alex ini juga digambarkan dengan sosok laki-laki yang selalu ingin memberikan yang terbaik pada Nanda. Contohnya ketika Nanda hendak ulang tahun, Alex mau membelikan album 2AM1, boyband kesukaan Nanda. 

Rendra yang merupakan sahabat Nanda dari kecil juga menyimpan perasaan yang sama. Akan tetapi dia tidak berani melangkah sejak mengetahui kalau Alex juga mencintai Nanda. Lalu siapa yang akan dipilih oleh Nanda? Nonton serialnya sampai akhir ya! 

5. Ada Adegan Lucu

Selain menyelipkan adegan romansa, serial dengan genre drama dan misteri ini juga menyelipkan beberapa adegan lucu. Adegan lucu ini datang dari Jati dan Ibunya yang mendukungnya menjadi seorang youtuber. Akan tetapi Ibunya selalu tidak setuju dengan ide konten Jati karena seperti akun gosip. 

Sampai suatu hari Ibu Jati meminta Jati untuk membuat video unboxing paralon, di sini bagian yang lucu. Bagaimana Jati dan Ibunya berdebat untuk melakukan sesuatu yang konyol, interaksi keduanya membuatku tidak bosan menonton serial ini. 

6. Banyak Kasus Lainnya

Tidak hanya kasus Vicky dan Nanda saja yang berhasil diketahui oleh Helix, ada kasus lain yang juga berhasil dipecahkan oleh Helix. Seperti ketika Rendra mengetahui kalau suami kakaknya itu selingkuh dengan perempuan lain dan banyak kasus lainnya. 

Kalau kamu penasaran langsung tonton serialnya ya! Jangan lupa untuk membagikan kesan kamu setelah menonton Code Helix di kolom komentar. Happy watching 😊

Judul : Code Helix

Genre : Drama, Misteri 

Sutradara : Verdi Solaiman

Pemeran : Ajil Ditto, Shakira Jasmine, Ashira Zamita, Dito Darmawan, Teuku Ryzki, Julian Jacob

Bahasa : Indonesia

Negara : Indonesia

Episode         : 8 

Rilis : 15 – 20 Juni 2022

Rating : 9.3/10 (IMDB)

Rating : 9/10 (personal rating)








Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url