Review Incognito Novel Karya Windhy Puspitadewi: Disebut Novel Mahal



Incognito novel karya dari penulis Windhy Puspitadewi ini bergenre teenlit. Genre teenlit biasanya mengangkat kisah kehidupan remaja entah masalah percintaan, persahabatan, sekolah, dan sebagainya. Sebenarnya untuk novel yang satu ini tidak jauh berbeda dari masalah remaja SMA.

Hanya saja yang membedakan adalah kisah yang diangkat benar-benar menarik. Pada bagian writer’s note di halaman 9, penulis menceritakan bagaimana perjuangannya dalam melakukan riset untuk novel yang satu ini. Oleh karena itu, Windhy bilang bahwa novel ini memang novel mahal.

Identitas Incognito Novel Windhy Puspitadewi

Judul            : Incognito

Penulis          : Windhy Puspitadewi

Penerbit        : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun          : 2009

ISBN            : 978-602-03-0523-3

Halaman      : 208 halaman, 20 cm

Blurb Incognito Novel Windhy Puspitadewi

Sisca dan Erik tidak pernah menyangka perjalanan waktu yang selama ini hanya mereka baca di buku akhirnya mereka alami sendiri!

Semua bermula ketika ia dan Erik harus mengambil foto di kawasan Kota Lama Semarang untuk tugas sekolah. Seorang anak bernama Carl tiba-tiba muncul di hadapan mereka dan mengaku berasal dari masa lalu.

Sisca dan Erik mendadak terseret petualangan bersama Carl, pergi ke tempat-tempat asing, bertemu dengan tokoh sejarah yang selama ini cuma mereka temui dalam buku. Petualangan yang membuat mereka belajar banyak: menghargai waktu, persahabatan, dan diri mereka sendiri.

Review Incognito Novel Windhy Puspitadewi

Berdasarkan sinopsis novel Incognito di atas, novel ini berbeda dari novel genre teenlit lainnya. Memang benar membahas kisah remaja SMA hanya saja dikemas dengan cerita yang lebih menarik sehingga membuat pembaca penasaran.

Mungkin kamu berpikir apa yang mahal dari novel ini, apakah harganya? Jawabannya tidak. Novel ini dikatakan mahal karena penulis harus menghabiskan banyak waktu untuk membaca referensi dari buku maupun situs terpercaya.

1. Alur yang Mampu Mengajak Pembaca Bertualang

Sesuai dengan blurb di atas novel ini menceritakan kisah perjalanan waktu ke masa lalu yang dialami oleh Sisca, Erik, dan Carl. Mereka bertiga mengunjungi banyak tempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Seperti ketika mereka mendarat di Yunani, Amerika, Jepang dan di tengah lautan. Mereka juga banyak bertemu dengan tokoh-tokoh sejarah yang masih dikenal sampai saat ini. Penulis mampu menceritakan bagaimana kisah ketiga orang tersebut saat berada di masa lalu.

Aku suka cara penulis bercerita karena sangat jelas dan detail, penulis seolah-olah mengajak pembaca untuk ikut berpetualang bersama Erik, Sisca dan Carl. Aku sebagai pembaca tentu saja sangat antusias dan benar-benar membayangkan bagaimana jika aku diposisi mereka.

Tetapi tentu saja perjalanan waktu ke masa lalu itu menurutku menyeramkan. Mengapa demikian? Bayangkan kalau kita tidak bisa kembali ke masa sekarang atau mengalami kejadian tidak terduga? Tidak mungkin kan kalau kita terjebak selamanya di masa lalu?

2. Alur Maju Mundur

Incognito novel ini menggunakan alur maju mundur karena perjalanan waktu yang mereka bertiga lakukan ini memang random. Artinya mereka bertiga tidak bisa menebak akan mendarat di mana dan kapan, misalnya ketika baru saja berada di tahun 210 SM lalu kemudian ke tahun 1600 an.

Walaupun alur yang digunakan penulis ini maju mundur tetapi tidak mengurangi keseruan alur novel. Aku tetap menikmati novel ini sampai akhir, sebenarnya aku pernah membaca novel ini dalam bentuk fisik hanya saja itu novel sewaan.

Untung saja novel ini tersedia di iPusnas dan stoknya banyak jadi aku tidak perlu mengantri dan bisa membacanya kembali. Jadi, buat kamu yang penasaran sama cerita petualangan mereka baca di iPusnas ya, jangan mencari novel Incognito PDF karena bisa saja itu ilegal.

Baca Juga: Review Novel Teenlit Lainnya

3. Novel yang Ringan dan Tipis

Novel ini hanya berjumlah 200an saja yang tentunya sangat tipis bukan? Aku sebenarnya berharap bahwa novel ini ada lanjutannya karena rasanya sangat kurang. Dalam petualangan mereka bertiga hanya bertemu dengan 4 tokoh terkenal saja.

Padahal aku ingin tahu lebih banyak sejarah tentang tokoh-tokoh terkenal lainnya yang dikemas dalam bentuk novel seperti ini, karena kalau baca buku sejarah sepertinya terlalu berat ya? Hehehe...

Membaca buku ini tidak akan membuat kamu pusing karena penulis mampu menceritakannya dengan bahasa yang ringan. Kamu tidak perlu khawatir karena tidak menggunakan bahasa yang berat dan membosankan. Bahkan, mungkin kamu bisa membacanya hanya dalam waktu 2 hari.

4. Membahas 4 Tokoh Terkenal Sepanjang Sejarah

Ada 4 tokoh yang mereka temui dalam perjalanan waktu yaitu Archimedes, Samuel Langhorne Clemens (Mark Twain), Charles Robert Darwin, dan Miyamoto Musashi. Di bawah ini ada beberapa penjelasan singkat tentang tokoh-tokoh tersebut.

1. Archimedes

Archimedes adalah seorang matematikawan asal Siracusa yang juga merupakan seorang fisikawan, insinyur dan astronom. Archimedes belajar di Alexandria Mesir dengan Eratosthenes yang merupakan murid dari Euclid.

Archimedes adalah salah satu ilmuwan terbesar dalam sejarah peradaban manusia, beliau telah menemukan banyak hal seperti Cakar Archimedes, Prinsip Archimedes, menemukan nilai pi pada lingkaran dan penemuan-penemuan hebat lainnya.

2. Mark Twain (Samuel Langhorne Clemens)

Mark Twain adalah nama pena dari Samuel Langhorne Clemens, ia merupakan seorang penulis asal Amerika. Karya Mark Twain yang terkenal adalah The Adventure of Tom Sawyer serta sekuelnya yang berjudul the Adventures of Huckleberry Finn.

3. Charles Robert Darwin

Charles Robert Darwin adalah seorang naturalis dan ahli geologi dari Inggris. Beliau merupakan penemu teori evolusi dan sudah mendapatkan banyak penghargaan seperti Fellow of the Royal Society (1839), Medali Copley (1864), Wollaston Medal (1859), dan Medali Royal (1853).

4. Miyamoto Musashi

Miyamoto Musashi merupakan seorang ahli pedang asal Jepang pada zaman Edo. Tidak hanya itu, Musashi juga merupakan seorang filsuf dan penulis. Musashi terkenal pintar dalam mengatur strategi sehingga sulit dikalahkan lawan.

Bagaimana setelah membaca rangkuman novel Incognito di atas, apakah membuat kamu penasaran dengan isi bukunya? Kalau iya, kamu bisa langsung mencari Incognito novel di iPusnas atau bisa pinjam ke teman ya! Happy reading 😊


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url