[Mengulas Buku] Ulasan Buku Mondang Versus Jakarta

J


udul : Mondang Versus Jakarta 

Penulis : Sinar Yunita 

Penerbit : Stiletto Book 

Cetakan Pertama : 1 September 2018

Terbitan Digital : Maret 2021

Halo semuanya yang baca blog ini, sebelumnya aku ucapin terimakasih karena udah mau mampir ke blogku. Sekarang aku mau ulas sebuah ebook yang bisa dibaca langsung di aplikasi Ipusnas ya judulnya Mondang Versus Jakarta. Ekspektasiku pertama kali waktu lihat judulnya adalah “pasti ini tentang perantauan,” dan ya! Ternyata memang benar tentang perantauan. Jadi Mondang itu adalah nama orang, nama panjangnya adalah Rumondang Parulian Siringo-ringo yang usianya baru 19 tahun berasal dari Suku Batak yang memiliki kesukaan di bidang otomotif. 

Cerita diawali dengan Mondang yang bekerja di sebuah bengkel bersama sahabatnya yang bernama Sudung. Jadi Mondang ini adalah perempuan yang bekerja di bengkel dengan ciri khas suara tawanya yang besar. Cerita ini membahas tentang bagaimana kehidupan Mondang dengan usia 19 tahun yang memiliki mimpi besar yaitu ingin membuat sebuah mobil dengan rakitannya sendiri dan bisa bersanding dengan merk-merk terkenal seperti Yamaha, Suzuki, Mercedes Benz dan sebagainya. 

Alur yang digunakan dalam novel dengan tebal 167 halaman ini menggunakan alur maju, mengisahkan Mondang dengan impiannya dan perantauannya ke Jakarta. Penulis mengajak pembaca untuk lebih memperjuangkan impiannya seperti Mondang yang rajin belajar dan bekerja, memiliki kebiasaan unik dengan menulis impiannya di origami dan memasukkannya ke dalam toples harapan. 

Lewat buku ini aku mendapatkan banyak pelajaran selain yakin saja pada apa yang menjadi impian kita, selama kita mau berusaha pasti impian itu akan datang. Selain itu aku juga mendapatkan pelajaran penting mengenai kerja keras Mondang yang tidak ingin menyulitkan keluarganya lagi dengan membiayainya kuliah, dia ingin kuliah dengan menggunakan caranya sendiri. Dalam buku ini juga dijelaskan mengenai jangan mudah percaya kepada orang yang baru kita kenal, walaupun orang tersebut memiliki niat baik. 

Pada zaman yang serba canggih ini marak sekali penipuan, oleh karena itu sebaiknya kita selalu waspada dengan orang lain. Akan tetapi jangan sampai berfikiran buruk seperti yang dilakukan tokoh Alex yang merupakan atasan Mondang di perusahaan otomotif. Alex adalah direktur di tempat bekerja Mondang saat Mondang bekerja di Jakarta. Alex sendiri sering berfikiran buruk dan memarahi Mondang dengan dugaan-dugaannya yang tidak beralasan.

Aku suka sekali dengan sikap Mondang yang rendah hati, suka membantu dan pemberani. Walaupun ia berasal dari daerah tetapi keinginan atas mimpinya yang kuat membuatnya berani pergi ke Ibu Kota sendirian dan bertemu dengan Dara, seorang pramugari yang berasal dari Batak dan membantunya selama menetap di Jakarta.  Kehidupan Mondang di Jakarta juga berubah banyak setelah mengenal orang baru, membawanya ke cerita hidup yang baru. 

Novel ini berisi 12 bab dengan judul yang berbeda-beda. Akan tetapi menurutku dalam buku ini masih ada beberapa kekurangan seperti alurnya yang terlalu cepat. Hanya sedikit dijelaskan bagaimana kehidupan perkuliahan Mondang selama di Univesitas Indonesia jurusan Teknik Mesin. Lalu pada bagian ending yang menurutku sangat menggantung, padahal aku sudah menaruh ekspektasi mengenai ending cerita akan tetapi tidak sesuai dengan ekspektasi. Tapi aku nggak mau ceritakan bagaimana akhir ceritanya, lebih baik teman-teman baca sendiri ya. 

Tetapi selebihnya, buku ini rekomen buat dibaca khususnya teman-teman yang sampai saat ini masih struggling dengan impiannya. Mondang dapat dijadikan sebagai contoh dan pengingat bahwa siapa saja bisa menjadi apapun, bisa menjadi apa yang diinginkan selama kita mau berusaha. Happy reading  


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url