Review Drama Korea Little Women: Rahasia Anggrek Biru

 


Drama Korea Little Women adalah salah satu drama televisi yang tayang di tvN. Little Women dapat kamu tonton di Netflix dan tayang pada Bulan September 2022. Serial ini direkomendasikan untuk kamu pecinta genre misteri.

Menebak-nebak alur cerita dan siapa dalang di balik semua peristiwa yang terjadi adalah kegiatan menyenangkan. Ternyata sebelum menjadi drama sudah pernah ditayangkan menjadi film Hollywood dengan judul sama dan tayang pada 2019.

Identitas Drama Korea Little Women

Judul               : Little Women

Genre              : Misteri

Sutradara         : Kim Hee Won

Pengarang       : Jeong Seo Kyeong

Pemain             : Kim Go Eun, Nam Ji Hyun, Park Ji Hoo

Tahun              : 2022

Negara             : Korea Selatan

Episode           : 12

Distributor       : tvN

Bahasa             : Korea

Rating             : 7.8/10 (IMDB)

Rating             : 8.5/10 (personal rating)

Review Drama Korea Little Women

Perlu kamu tahu bahwa Little Women diadaptasi dari sebuah novel klasik karya Louisa May Alcott seorang penulis asal Amerika. Novel ini terbit pada tahun 1868 dan bisa kamu baca di aplikasi Gramedia Digital.

1. Sekilas Tentang Drama Korea Little Women

Drama ini berkisah tentang tiga saudara bernama Oh In Joo, Oh In Kyung, dan Oh In Hye yang saling mengandalkan satu sama lain. Mereka bertiga awalnya akur namun karena ekonomi mereka sulit, mau tidak mau masing-masing dari mereka mencari cara agar bisa bertahan.

Awalnya dimulai dengan In Joo dan In Kyung yang memberikan hadiah kepada adik bungsunya, In Hye yang sedang berulang tahun. Mereka memberikan uang untuk kegiatan darmawisata In Hye ke Eropa. Namun naas uang itu malah diambil diam-diam oleh ibu mereka dan melarikan diri ke luar negeri mencari suaminya.

Akhirnya mau tidak mau kedua kakak In Hye memutuskan untuk mencari uang tambahan. Di situlah semuanya dimulai. In Joo bekerja di sebuah perusahaan dan In Kyung menjadi seorang reporter. Adapun In Hye adalah seorang siswa berbakat di bidang seni.

Tidak mau menyusahkan kedua kakaknya, In Hye memutuskan untuk “menjual” karyanya kepada Hyo Rin, anak seorang konglomerat dan calon walikota Seoul untuk ikut perlombaan. Dari situs Hyo Rin dan In Hye menjadi sahabat dekat.

2. Kesenjangan Sosial yang Amat Terasa

Isu sosial yang diangkat dalam drama Korea Little Women sangat jelas yaitu tentang kesenjangan sosial. Bagaimana orang-orang dengan latar belakang “berbeda” akan dikucilkan. Hal ini yang dialami oleh In Joo dan sahabatnya Hwa Young.

In Joo merupakan lulusan diploma dua akutansi sedangkan Hwa Young hanyalah lulusan SMA yang tinggal sendiri. Mereka berdua dikucilkan oleh rekan kerja, padahal keduanya adalah orang yang sangat kompeten.

Mungkin permasalahan ini masih sering terjadi di Korea Selatan atau bahkan di Indonesia. Menurut Badan Pusat Statistik jumlah penduduk miskin yang ada di Indonesia menurun 1.04 juta orang pada September 2021 dibanding Maret 2021.

Walaupun adanya penurunan namun pemerintah Indonesia sendiri masih terus mengupayakan kesejahteraan masyarakatnya. Dalam drama Little Women sendiri sudah sangat menggambarkan bagaimana orang-orang kelas menengah ke bawah akan dipandang rendah oleh kalangan atas.

3. Membuat Penonton Kebingungan

Walaupun ini pendapat pribadi, namun sampai episode 11 pun alur dari drama ini masih tidak tertebak. Setiap episode penonton seperti diajak untuk bermain teka-teki tentang apa yang sebenarnya terjadi dan siapa dalang di balik semua kejadian mengerikan.

Ceritanya sangat matang dan konfliknya juga sangat kuat. Penonton benar-benar dibuat kebingungan apakah tokoh A berniat jahat atau hanya pura-pura saja. Drama Korea Little Women adalah tipikal tontonan yang bisa membuat overthinking.

Belum lagi perbedaan pendapat antar ketiga saudara semakin membuat alurnya tidak mudah tertebak. In Hye yang ingin hidup mandiri rela “menyerahkan diri”nya untuk tinggal di rumah Hyo Rin.

Sedangkan In Joo masih terus berusaha mencari kebenaran akan hal-hal yang terjadi dan ingin memberikan kehidupan layak kepada adiknya. Tokoh In Kyung memiliki karakter kuat dalam drama ini.

Prinsipnya dan rasa keadilannya yang tinggi membuatku menyukai tokoh In Kyung. Berbeda dengan In Joo yang terlalu memikirkan uang, In Kyung bergerak untuk mengungkap kebenaran atas kejanggalan sebuah kasus yang pernah ia tangani.

4. Menyelipkan Adegan Romansa

Tentu saja sebuah drama akan terasa kurang kalau tidak ada adegan romansa. Walaupun tidak terlalu kental namun menyelipkan sedikit adegan romansa membuat drama ini menjadi lebih terlihat nyata.

Kisah cinta yang unik terjadi antara In Kyung dan Jong Ho, temannya sedari kecil. Sepertinya Jong Ho adalah tipe pria idaman semua wanita. Tahu kalau dirinya dalam bahaya namun tetap memilih menemani dan membantu In Kyung mengatasi masalahnya.

Saat tiga saudara tersebut terpisah karena perbedaan pemikiran, Jong Ho lah yang berada di sisi In Kyung. Ia membantu In Kyung mencari barang bukti, melakukan penyelidikan, dan memecahkan masalah yang muncul.

5. Menceritakan Tentang Anggrek Biru

Sebenarnya anggrek biru ini adalah sumber misteri dan akar permasalahannya. Anggrek biru disebut sebagai ratu dunia anggrek yang hampir punah. Dalam drama Korea Little Women dilambangkan sebagai keinginan untuk balas dendam.

6. Ditutup dengan Ending yang Tidak Sesuai Ekspektasi Namun Realistis

Aku suka dengan akhir dari drama ini. Walaupun tidak sesuai ekspektasiku sejak awal, namun ending-nya cukup realistis. Bagaimanapun juga semua yang telah terjadi di masa lalu itu adalah sebuah pelajaran berharga. Kita juga harus tetap menjalani kehidupan dengan cara masing-masing.

Bagaimana apakah review ini cukup membuatmu penasaran dengan drama Korea Little Women? Ada banyak pelajaran berharga seperti cinta dan kasih sayang dengan anggota keluarga. Walaupun hanya hidup bertiga namun tiga saudara itu sangat mandiri.

Mereka juga berpikiran dewasa bahkan untuk anak seperti In Hye yang masih SMA. Wajahnya yang dingin dan pemikirannya yang matang benar-benar menggambarkan kesulitan dalam hidupnya. Untuk mengetahui kisahnya kamu bisa menonton drama Little Women di Netflix ya!


Sumber:

https://student-activity.binus.ac.id/himstat/2022/07/22a31/ 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url