Review Buku Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini?



Buku pengembangan diri dari Korea sudah beredar banyak di toko buku Indonesia salah satunya adalah Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini? Buku ini baru diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia Aria Media Mandiri pada tahun 2022. 

Terlihat dari sampulnya yang berwarna hitam polos dengan tulisan judul berwarna emas ini seperti sebuah buku harian yang ditulis oleh Yeon Jeong. Berisi banyak sekali kisah yang ditulis dengan jujur oleh penulisnya. 

Identitas Buku Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini?

Judul : Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini?

Penulis : Yeon Jeong 

Tahun : 2022

Penerbit         : Aria Media Mandiri 

Harga : Rp79.000 (Pulau Jawa)

Penerjemah : Indah Islamiyah 

ISBN : 978-602-5921-67-4

Halaman        : 128 halaman 

Ulasan Buku Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini?

Sampulnya benar-benar sederhana dan mencuri perhatian waktu pertama kali menemukan buku di Shopee. Tidak ada ilustrasi apapun baik di sampul maupun di bagian dalam buku. Menurutku ini buku yang sederhana dan jujur. 

1. Mengajarkan Kita Tentang Bersyukur

Buku ini merupakan buku yang jujur dan mengajarkan banyak hal kepada pembacanya salah satunya adalah bersyukur. Buku ini memang kisah dari Yeon Jeong itu sendiri, ia adalah orang yang hidup sendiri di rumahnya dan ia bekerja setiap hari. 

Yeon Jeong merasa bersyukur karena bisa hidup dengan bekerja, setiap ia keluar keringat ketika bekerja dia merasa hidup. Walaupun terkadang Yeon Jeong sempat berfikir apakah kehidupan yang sedang ia jalani itu sudah benar, tetapi lagi-lagi ia berfikir bahwa ia bersyukur hidup tanpa kekurangan apapun.

“Tanpa kekurangan apapun” di sini itu artinya Yeon Jeong memiliki anggota tubuh yang lengkap. Seperti yang kita tahu di luar sana masih banyak orang yang tidak seberuntung kita, tidak memiliki tubuh yang lengkap tetapi mereka tetap semangat untuk berjuang dalam kehidupan ini.

Bagi Yeon Jeong, ketika ia merasakan nyeri otot selepas pulang bekerja, itu tandanya ia hidup. Ia merasa senang dengan kehidupannya walaupun sesekali kesedihan itu bisa datang. Ia tetap bisa membeli buah kesukaannya yaitu stroberi. 

2. Seperti Buku Harian

Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa buku Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini? Ini merupakan kisah dari penulisnya langsung dan ditulis dengan jujur sekali. Jadi, ketika kamu ketika membaca buku ini akan menemukan cerita yang acak atau tidak berurutan. 

Penulis sepertinya ingin berbagi cerita lewat tulisannya yang indah seperti buku harian. Ada cerita yang panjang ada juga cerita yang pendek. Ketika membaca buku ini, sepertinya kamu akan merasakan juga gejolak emosi yang dirasakan oleh penulis. 

3. Buku yang Tipis 

Jika ingin mencari rekomendasi buku tipis yang dapat dihabiskan dalam waktu beberapa hari saja, buku ini sangat tepat untuk kamu. Ada banyak kisah yang dituliskan dalam bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Pembaca akan mengambil banyak pelajaran dari kisah yang disampaikan Yeon Jeong.

Adapun untuk jumlah halamannya hanya 128 halaman saja, bahkan mungkin kamu bisa menghabiskannya hanya dalam sekali duduk saja? Jadi, buku ini cocok untuk dijadikan sebagai teman di waktu luang. 

4. Mengangkat Isu Kesehatan Mental

Sepertinya rata-rata buku yang aku baca akhir-akhir ini berkaitan dengan kesehatan mental, tidak terkecuali dengan buku ini. Penulis juga menceritakan bagaimana kisahnya berobat ke psikiater dan bagaimana ia rajin minum obatnya, serta melawan ketakutannya. 

Penulis juga menceritakan kisah tentang orang terdekatnya yang terus berjuang dalam hidup walaupun kondisinya sedang sulit. Kehidupan akan terus berjalan, tidak menunggu kapan kita bisa bangkit dari rasa kesedihan itu. 

Pengalaman yang disampaikan oleh tentang kesehatan mental atau kondisi Yeon Jeong ini memang bisa membuat pembaca merasakan kehangatan. Ia sangat jujur dalam menyampaikan bagaimana kondisinya saat itu.

Kesan Pembaca Buku Esok, Matahari Akan Terbit Kembali, Tapi Bagaimana Dengan Malam Ini?

Biasanya jika bagian sampul belakang buku itu berisi blurb atau bagian secara umum dari buku ini, hanya saja berbeda dengan buku Yeon Jeong. Bagian belakang berisi tentang kesan yang dirasakan oleh pembaca (yang kemungkinan adalah teman dekatnya) di buku ini.

1. Pembaca yang Sudah Membaca Buku Edisi Pertama Beberapa Kali

Setelah membaca halaman demi halaman buku ini, aku merasa kesedihan yang disampaikan oleh penulis mulai mengisi malamku dengan kehangatan. Awalnya, hanya sekedar cahaya kecil seperti cahaya dari kunang-kunang. 

Lalu berubah seperti kompres panas (hot pack) yang menghangatkan tangan, hingga akhirnya terasa seperti api unggun yang menghangatkan seluruh tubuh. Aku harap kalian juga bisa merasakan bahwa kesedihan yang disampaikan dengan penuh kejujuran dapat memberikan hiburan dan ketenangan yang luar biasa besar. 

2. Teman Selama 18 Tahun 

Sudah kuduga kamu akan seperti sekarang. Akhirnya kamu menjadi seorang penulis. Namun, kenapa rasanya aku senang sekali? Pokoknya aku sangat bahagia karena kamu terus menulis. Meski aku tidak tahu apa alasannya.

3. Teman Serumah yang Tinggal di Kamar Sebelah

Penulis sangat menyukai stroberi. Kalau tidak salah, ibu penulis juga memimpikan stroberi saat sedang mengandungnya. Karena tidak mampu membeli stroberi yang mahal, jadi dia membeli stroberi yang diobral di dalam baskom.

Meski begitu, dia tetap memberikan stroberi paling besar dan segar miliknya kepada temannya. Sifatnya yang penuh kasih sayang bahkan bisa menghangatkan dinginnya lautan biru. Setelah hidup bersama dan memperhatikannya, aku bisa tahu bahwa semua perasaan yang diungkapkan dalam buku ini penuh dengan ketulusan. 


Sebagai penutup dari ulasan kali ini, aku mau membagikan sebuah kutipan yang menurutku menarik banget yaitu, semua permulaan pasti mencemaskan. Jika tidak melakukan apa-apa, maka tidak akan ada yang berubah.

Kamu bisa mendapatkan buku ini di Online Shopnya penerbit aslinya ya! Kebetulan aku membelinya dari teman yang menjual preloved dan tentu saja original! Jangan lupa bagi pengalaman kamu setelah membaca buku ini di kolom komentar ya! Happy reading 😊

 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url