Review dan Sinopsis Serial My Nerd Girl 2022



My Nerd Girl adalah serial Indonesia yang ditayangkan langsung lewat platform film Vidio. Serial ini diadaptasi dari sebuah cerita di Wattpad dengan judul asli My Girlfriend is A Cupu yang ditulis oleh penulis bernama Aidah Harisah. 

Serial Indonesia sekarang sudah keren-keren, seperti serial yang satu ini. Bercerita tentang seorang gadis bernama Fara yang kematiannya mengandung banyak misteri karena dia memilih mengakhiri dengan melompat dari gedung. Hal itu sontak membuat kembaraannya, Rea ingin menyelidik apa penyebab kematiannya.

Kuntz Agus adalah sutradara dari serial yang berjumlah 8 episode ini. Setiap episodenya berlangsung selama 40 sampai 50 menit. Lalu bagaimana keseruan dari serial yang dibintangi oleh Devano Danendra dan Naura Ayu? Simak review selengkapnya di sini. 

Identitas Serial My Nerd Girl

Judul : My Nerd Girl

Sutradara : Kuntz Agus 

Pemeran         : Devano Danendra, Naura Ayu, Ashira Zamita, Anya Taroreh, Dinda Mahira

Negara : Indonesia 

Episode : 8 

Jaringan Asli : Vidio 

Tanggal : 26 Februari – 2 April 2022

Rating : 6.6/10 (IMDB)

Rating : 8.5/10 (Personal Rating)

Sinopsis My Nerd Girl

My Nerd Girl bercerita tentang seorang perempuan bernama Rea (Naura Ayu) yang masuk ke SMU Bibit Bangsa sekolah kembarannya Fara. Tujuan Rea nyamar sebagai Fara adalah untuk mengetahui apa alasan Fara mengakhiri hidup. 

Rea mengira bahwa alasan Fara meninggal karena bullying yang dilakukan teman-temannya di sekolah. Selama melakukan penyelidikan, tentu tidak mudah hidup sebagai Fara karena kesehariannya sangat berbeda dengan keseharian Rea. 

Banyak sekali hambatan yang menghampiri Rea, mulai dari teman sekelasnya yang suka merundung. Sahabatnya yang bernama Suki dan tidak pernah membela Fara ketika dibully serta teman-teman lain yang mengalami kecurigaan. 

Akan tetapi, Rea yang tetap penasaran terus melakukan penyelidikan sampai ia menemukan bukti alasan mengapa Fara memilih mengakhiri hidupnya. Ternyata hidup menjadi Fara membuat Rea belajar banyak hal. Lantas apakah Rea berhasil dengan penyelidikannya?

Review Serial My Nerd Girl

Serial ini tidak hanya membahas bagaimana kisah penyelidikan Rea untuk mengetahui penyebab mengapa Fara melakukan bunuh diri. Selain itu, banyak kisah menarik lainnya dari serial yang tayang di Bulan Februari ini.

1. Tokoh-Tokoh yang Memiliki Porsi Ceritanya Masing-Masing 

Dalam serial ini, ada banyak sekali tokoh yang terlibat selain tokoh utama. Tapi menurutku, semua tokoh yang muncul di sini memiliki perannya masing-masing dan hidup, jadi bukan hanya “pemeran pembantu” aja. Semua tokoh yang ada ini terlihat menghidupkan series agar lebih “keren”.

Contohnya adalah tokoh Suki, Neza, Amel, Intan, Ella dan Ilham yang memiliki porsi pas dalam serial ini. Suki itu adalah sahabat Fara dan ia sangat membantu Rea dalam penyelidikan atas kematian kembarannya, tentunya bersama Reyhan  selaku pacar Fara. 

Tokoh yang aku suka di sini adalah trio Intan, Ela dan Ilham, menurutku mereka sangat kocak. Mereka bertiga memegang akun Lambe Tumpah SMU Bibit Bangsa dan anggota jurnalis sekolah. Pokoknya kalau ada kasus atau acara apapun, mereka pasti maju nomor 1 untuk mencari tahu alias kepo banget deh.

Selain itu, tokoh Neza yang merupakan anak paling pintar dan dapat beasiswa di sekolah itu juga memiliki porsi yang pas. Karakter Neza ini bisa aja dibilang “labil” karena ia sangat curiga dengan gerak-gerik Rea yang menjadi Fara karena sangat berbeda dengan kebiasaan Fara.

Tetapi nantinya, Neza malah ikut membantu Fara dan seolah-olah “pro” terhadap Fara, padahal sebelumnya dia “membantu” Amel untuk membalas perbuatan Fara yang telah membuatnya diskorsing dari sekolah. 

Sedangkan Amel ini ceritanya anak orang kaya yang suka merundung Fara karena Fara culun. Bersama dengan dua sahabatnya yaitu Shirley dan Kella, ia mencari cara agar hidup Fara menderita selama di sekolah. Intinya, tidak hanya karakter utama saja yang hidup, karakter lainnya juga mendapat porsi pas.

2. Plot Twist yang Tidak Terduga

Jujur sebelum memutuskan untuk menonton serialnya, aku baca-baca review dulu di internet. Karena rasa penasaranku yang tinggi, aku memutuskan untuk menonton saja. Serial ini benar-benar memiliki banyak plot twist yang sangat tidak terduga.

Penonton tentu saja akan diajak untuk bertanya-tanya apa gerangan alasan yang membuat Fara memiliki mengakhiri hidupnya dan siapa penyebab utamanya. Ada banyak kasus yang membuat Rea dan Suki curiga yaitu perundungan, pelecehan seksual yang dialami Fara dan masalah percintaan. 

Sampai episode 7, mungkin penonton akan tahu bahwa hal-hal di atas bukan alasan utama Fara memilih untuk mengakhiri hidupnya. Di sinilah bagian yang menurutku sangat seru, ternyata ada alasan lain yang membuat Fara mengakhiri hidupnya. 

3. Tokoh-Tokoh yang Berpotensi Menjadi Pelaku 

Walaupun Rea bekerjasama dengan Suki, tetapi dia menaruh curiga pada sahabat Fara itu. Apalagi Amel sempat memanas-manasi Rea bahwa apa alasan Suki tidak pernah mau membantu Fara ketika dirundung. Selain itu ada juga banyak tokoh yang dicurigai oleh Rea.

Rea menempel semua foto orang-orang yang bisa menjadi penyebab utama alasan mengapa Fara memutuskan mengakhiri hidupnya di dinding kamarnya. Tentu saja setelah melakukan perjalanan panjang, Rea akhirnya tahu alasan utama Fara melompat dari atas gedung untuk mengakhiri hidupnya. 

Bahkan, Rea juga mencurigai Reyhan yang notabenenya adalah kekasih Fara. Menurut Rea, Reyhan terlalu takut untuk bercerita tentang hubungannya dengan Fara, namun lagi-lagi bukan Reyhan, Amel yang suka merundung Fara atau Suki sahabat Fara yang menjadi penyebabnya. 

4. Tidak Fokus ke Masalah Percintaan, Ini Tentang “Rumah”

Kalau kamu mengira serial ini fokus ke masalah percintaan, well sebenarnya nggak salah. Hanya aja fokus utamanya bukan ke sana. Memang dikisahkan sedikit bagian tentang hubungan Fara dan Reyhan yang sempat merenggang sebelum akhirnya Fara mengakhiri hidupnya. 

Tetapi masalah ini akhirnya selesai di episode awal lalu sisanya mengandung misteri tentang kematian Fara. Sebenarnya, serial ini membahas tentang “rumah” tentang orang terdekat yang seharusnya bisa memberikan kehangatan bukan perlakuan yang membuat luka batin. 

Fara memiliki luka yang tidak bisa ia ceritakan karena ia digambarkan sebagai orang pendiam dan lebih banyak bercerita lewat karyanya, puisi dan lukisan. Berbeda sekali dengan Rea yang hidup dengan Papanya, dari keluarga sangat berada bahkan  ia adalah pelaku perundungan. 

Rea mungkin lebih terbuka dan lebih berani mengutarakan pendapatnya, berbeda dengan Fara yang lebih banyak menurut, tidak berani mengambil kesempatan untuk mengatakan apa yang ia inginkan atau memang sebenarnya kesempatan itu tidak pernah ada, hingga akhirnya ia menyerah. 

Siapapun manusia di dunia ini pasti membutuhkan rumah sebagai tempat pulang, membutuhkan seseorang sebagai tempat mengadu dan mencurahkan segala isi hatinya. Jika rumahnya saja direnggut, maka kemana lagi ia akan pergi? Namun percayalah, kita tidak pernah sendirian, pasti selalu ada orang yang mau mengulurkan tangan atau menerima uluran tangan kita untuk bangkit. 

Seperti Reyhan yang mencoba membantu Fara, sebagai kekasih Reyhan ingin Fara mau menerima uluran tangannya untuk berjuang bersama. Hanya saja, mungkin di hati Fara luka batin itu sudah tidak terbentuk lagi. 

“Tidak perlu terlalu jauh, mulailah dari yang paling dekat. Pilihannya hanya dua, lawan atau selamatkan juga dia – Fara,”

Itu adalah kata-kata Fara sebelum ia mengakhiri hidupnya, itu adalah petunjuk untuk Rea agar Rea bisa menyelamatkan dirinya dan memperbaiki rumah yang sudah hancur sebelumnya itu. Pesan yang bisa aku ambil dari serial ini adalah: 

Setiap manusia selalu memiliki kesempatan untuk berubah menjadi baik, siapapun itu. Asal kita mau menyadari kesalahan kita dan tidak mengulanginya lagi di kemudian hari 

Jangan lupa untuk menyalakan lampu kalau seandainya kita berada di ruangan yang gelap. 

Selalu ada uluran tangan atau orang yang menerima uluran tangan kita untuk bangkit dan berjuang bersama-sama 

Nah itu dia review dari serial My Nerd Girl yang mengandung banyak misteri. Kalau kamu suka dengan cerita ala detektif sepertinya serial ini sangat cocok. Tunggu artikel menarik lainnya seputar film dan buku di blog ini ya! Happy watching 😊 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url