Ulasan Novel A (Aku, Benci & Cinta) Wulanfadi

 Judul                     : A (Aku, Benci & Cinta)

Penulis                 : Wulanfadi

Halaman              : 454 halaman

Penerbit              : Melvana Publishing

BLURB


Ini  cerita tentang Alvaro Radyana. Si Cassanova terpopuler di SMA National High. Juga Ketua Osis yang dikagumi oleh banyak orang. Alvaro yang ‘segalanya’. Ini juga cerita tentang Anggia Serenian Quinindha. Si Rajin dari yang paling rajin di SMA National High.

Sayangnya dia Wakil Ketua OSIS, padahal bukan itu posisi yang ia mau. Anggia yang ‘perfeksionis’. Alvaro menganggap Anggia lelucon, tapi Anggia selalu menganggap Alvaro rival. Tapi, pandangan itu berubah saat Alvaro memiliki kesempatan untuk mengenal Anggia lebih jauh.

Dan rasa itu tumbuh pada Alvaro sejak Anggia mengenal Alexander, teman masa kecilnya. Perasaan aneh yang seharusnya Alvaro rasakan pada cinta pertamanya, Athala. Saat masa depan membuka kesempatan baru, apa Alvaro akan mengambilnya?

ULASAN

Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku mau mengulas sebuah novel karya Wulanfadi yang judulnya A. Sebenarnya novel ini pernah aku baca dulu waktu aku baru beli sekitar tahu 2016/2017 sih, tapi belum sempat aku ulas dan sekarang aku memutuskan untuk membacanya ulang.

Jadi ini adalah novel pertama Wulanfadi yang aku baca, novel ini juga diangkat menjadi film dan aku sudah mengulas filmnya di sini. Aku tahu Wulanfadi ini dari wattpad, jadi novel A ini bercerita tentang Alvaro. Sebenarnya ada novel Wulanfadi lainnya yang menceritakan tentang kelima temannya.

Ada tentang Junario, Matt, Mika, Julian dan Seth. Nah untuk di novel A ini membahas tentang kisah Alvaro dan Anggia, Alvaro ini adalah murid populer di SMA National High, karena dia tampan dan sebagai Ketua OSIS. Dia juga terkenal sebagai murid playboy yang sering gonta ganti pasangan.

Ada Anggia, Wakil Ketua OSIS yang merupakan musuh bebuyutan Alvario. Tidak ada yang berani berurusan dengan Anggia kecuali Alvaro. Anggia ini jago karate dan hanya dia yang tidak menyukai Alvaro. Setiap hari selalu ada pertengkaran antara kedua orang itu bagaikan kucing dan anjing.

Sebenarnya ini novel yang udah bisa ketebak sih alurnya bakalan kayak gimana, karena Alvaro dan Anggia ini yang saling benci jadi saling cinta. Hanya saja novel ini menurutku juga unik, karena nantinya hubungan keduanya itu tidak berjalan mulus.

Alvaro itu memiliki dua orang sahabat lagi yang kelima sahabatnya tidak ketahui, jadi itu merupakan salah satu rahasia terbesarnya. Dua sahabat itu bernama Alexander dan Athala, jadi mereka berdua ini sama-sama dari panti asuhan. Awalnya Alvaro hanya berteman dengan Athala.

Namun ketika Alex datang, mereka menjadi sahabat lagi. Alex ini suka sama Athala dan Alvaro juga suka, tapi karena Athala nggak mau hubungan persahabatan mereka terganggu, jadi Athala membohongi perasaannya sendiri dan pura-pura menjalin hubungan dengan Alex.

Nah ternyata kisah mereka bertiga ini terjadi kembali dengan Anggia, cinta segitiga. Awal Alvaro jatuh hati dengan Anggi itu adalah ketika mereka berdua mendapatkan kesempatan untuk dekat. Gurunya meminta Anggia belajar musik dengan Alvaro karena nilai musiknya sangat buruk.

Perasaan Alvaro berubah begitu saja ketika sering bersama Anggi, perasaan yang seharusnya ia rasakan bersama Athala yang masih terbaring koma. Kalau kamu sudah nonton filmnya, waktu baca bukunya memang banyak sekali adegan yang berubah dan tidak dimasukkan.

Seperti ketika Tara sahabat Anggia memilih meninggalkannya setelah tahu kalau Anggia adalah target Alvaro berikutnya, mungkin Tara cemburu. Akan tetapi berbeda dengan di film, Tara masih menjadi sahabat Anggi, kalau di buku yang menjadi sahabat Anggi adalah gadis bernama Luna.

Luna ini adalah mantan kekasih sahabat Alvaro yang bernama Juna. Novel ini juga banyak bagian menarik dan lucu, ketika penulis menceritakan tentang bagaimana tingkah konyol dari keempat sahabat Alvaro. (Hanya 4 yang konyol karena Matt ini anaknya pendiem banget).

Aku selalu suka tingkah mereka berempat yang sangat lucu dan jail sekali, seperti ada bagian yang membuatku terhibur. Ada bagian yang membuatku kesal yaitu ketika Alvaro berjanji untuk date bareng Anggi, tetapi dia malah meninggalkan Anggi sendirian.

Alasannya adalah karena tepat saat itu Alvaro siuman, padahal ia sedang berada di Gili Trawangan. Alvaro langsung terbang ke Jakarta saat itu juga. Nah Athala ini juga nantinya bakal tahu bagaimana perasaan Alvaro sebenarnya.

Dia memang perempuan baik dan kuat, yang mau mengikhlaskan kebahagiaan Alvaro. Athala pasti merasa terkejut, padahal dirinya baru bangun dari koma dan semuanya sudah berubah begitu saja, termasuk perasaan Alvaro.

Tetapi Athala kuat sekali dan mendukung hubungannya dengan Anggia. Bahkan Athala menyambut Anggia dengan sangat baik ketika Alvaro mengajaknya mengunjungi Athala di rumah sakit. Ini adalah novel ringan yang membahas tentang kisah percintaan remaja.

Novel ini juga menurutku memiliki desain sampul yang simpel sekali. Dominasi warna putih dengan judul di bagian tengahnya. Oya, kalau kamu mau menonton filmnya bisa langsung download aplikasi WeTV dan nonton di sana! Jangan lupa buat baca bukunya dulu ya! Happy reading 😊

 

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url