Ulasan Drama Cleaning Up: Jangan Remehkan Petugas Kebersihan

Drama terbaru yang berjudul Cleaning Up ini merupakan drama hasil remake dari sebuah serial televisi di Inggris yang judulnya sama. Drama ini juga dibintangi oleh para aktor dan aktris papan atas seperti Kim Jae Hwa, Jeon So Min dan Yum Jung Ah. 

Menonton drama ini mengajak pembaca untuk mengetahui bahwa petugas kebersihan itu bukan orang sembarangan. Mereka juga memiliki kelebihan seperti para pekerja lainnya akan tetapi kebanyakan orang tersebut meremehkan petugas kebersihan. 

Drama ini mengangkat tentang kisah petugas kebersihan yang bekerja di sebuah perusahaan sekuritas. Para pekerja ini nantinya mendengarkan sebuah informasi penting dan rahasia yang menjadi awal bagaimana kelanjutan hidup mereka. 

Sinopsis Drama Cleaning Up 

instagram.com/jsomin86


Drama ini dimulai dari seorang petugas kebersihan di Vested Sekuritas yang bernama Eo Yong Mi. Yong Mi adalah seorang Ibu dua anak yang bernama Jin Yeon A dan Jin Shi A. Dirinya sudah bercerai dengan suaminya karena sebuah alasan dan mantan suaminya juga sudah menikah lagi tetapi tidak punya anak.

Ia bekerja di akhir pekan sebagai pembantu rumah tangga. Suatu hari Eo Yong Mi tidak sengaja mendengar atasannya bernama Yoon Tae Kyung sedang berbicara serius dengan orang di telepon. Eo Yong Mi yang penasaran segera mencari tahu tentang hal tersebut. 

Ternyata itu mengenai penjualan informasi orang dalam atau istilahnya adalah insider trading. Insider trading ini bertugas untuk menjual dan membeli saham, surat berharga dan obligasi serta mendapatkan informasi yang seharusnya tidak diketahui oleh masyarakat secara umum. 

Eo Yong Mi dalam drama Cleaning Up ini ingin menjadi insider trading agar mendapatkan informasi mengenai investasi. Ia juga mengajak dua temannya bernama An In Kyung dan Maeng Su Ja untuk menjalankan rencananya. 

Ulasan Drama Cleaning Up 

Nah setelah kamu tahu sinopsisnya selanjutnya kita bahas ulasan dari drama ini. Jadi sesuai dengan sinopsis di atas, Eo Yong Mi yang memulai untuk merencanakan misinya. Hal ini dikarenakan ia kesulitan mendapatkan tambahan uang untuk kebutuhan hidupnya, ia juga memiliki hutang yang harus dibayar dan sudah melewati masa tenggang. 

Ketika mendengar informasi dari ketua tim pemasaran, Yoon Tae Kyung Eo Yong Mi memiliki ide untuk menggunakan informasi tersebut menjadi jalan agar dirinya bisa mendapatkan keuntungan dari investasi. Ia gunakan informasi tersebut untuk mengajak In Kyung menjalankan rencananya. 

Jadi sebenarnya An In Kyung itu nggak mau ngelakuin rencana Yong Mi karena dilarang, akan tetapi melihat sahabatnya yang mengalami kesulitan untuk menghidupi anaknya, In Kyung akhirnya rela membantu dengan memasukkan alat penyadap ke ruangan Yoon Tae Kyung. 

1. Perjuangan Orangtua Menghidupi Anak-Anaknya 

Tidak ada alasan lain mengapa Eo Yong Mi melakukan hal itu selain untuk ia bisa bertahan hidup dengan anak-anaknya. Mantan suaminya selalu ingin membawa kedua anaknya karena melihat Yong Mi kesulitan mengurus anaknya. 

Apalagi Yong Mi sering berada di luar rumah untuk bekerja dan menjalankan rencananya membuat waktunya dengan anaknya menjadi berkurang. Drama ini juga mengajarkan kepada pembaca tentang bagaimana dampak dari perceraian orangtua terhadap kondisi anaknya. 

Apalagi kedua anak Yong Mi juga masih kecil, padahal seorang anak hanya ingin berada di samping orangtuanya. Tetapi di satu sisi, Yong Mi juga selalu berusaha keras untuk memberikan hidup yang layak kepada kedua anaknya sampai rela menjadi insider trading. 

Belum lagi kisah Su Ja yang sebenarnya sangat sayang dengan keluarganya akan tetapi keluarganya seperti tidak menganggapnya ada. Suaminya sangat cuek, anaknya juga dingin membuat Su Ja menjadi kesepian. Beruntung ia bisa menjadi wanita kuat dan tetap bekerja keras untuk anak satu-satunya.

Ada adegan yang membuatku sedih ketika Geun Woo (anak Su Ja) memenangkan perlombaan ia mengajak keluarganya makan di restoran tanpa mengajak Ibunya. Mereka pun bertemu di restoran tersebut karena Su Ja berniat mengajak kedua sahabatnya, Yong Mi dan In Kyung. 

Ternyata itu adalah hari ulang tahunnya dan tentu saja melihat tingkah keluarganya, Yong Mi dan In Kyung berinisiatif untu merayakan ulang tahun Su Ja. Hal ini membuat aku terharu dan memutuskan untuk menonton drama Cleaning Up sampai selesai.  

2. Uang Penting Tapi Bukanlah Segalanya 

Nantinya Yong Mi, In Kyung dan Su Ja berhasil menjalankan misinya dan mendapatkan banyak uang dari investasi yang dilakukan. Berkat informasi tersebut, mereka bertiga jadi tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual saham. 

Akan tetapi di sisi lain drama ini juga memberikan pelajaran penting bahwa uang memang penting akan tetapi bukan segalanya. Su Ja tersadar ketika anak semata wayangnya yang bernama Geun Woo lebih mementingkan uang dan Su ja tidak suka hal itu. 

Su Ja tidak bisa memarahi anaknya karena dirinya juga melakukan hal demikian untuk mendapatkan banyak uang. Ada lagi In Kyung yang berubah dari wanita sederhana menjadi wanita yang sangat berkelas. In Kyung suka membelikan kekasihnya barang-barang mewah dan itu yang sangat disayangkan. 

3.Banyak Adegan Menegangkan 

Genre dari drama Cleanung Up ini adalah crime dan comedy, tentu saja sangat menegangkan. Apalagi ketika Yong Mi dan Su Ja menjadi petugas kebersihan di beberapa perusahaan untuk mendapatkan informasi mengenai investasi. Mereka berpura-pura menjadi pegawai agar lebih mudah melakukan pekerjaan itu. 

Memang menurut mereka bertiga itulah kelebihan dari seorang petugas kebersihan yang bisa mendapatkan akses kemana saja tanpa perlu dicurigai oleh pegawainya. Lalu adegan menegangkan lainnya ini mendekati akhir episode yakni ketika Song Woo Chang akan ditangkap. 

Song Woo Chang adalah kapten dari kelompok insider trading dengan 3 anggota, Lee Young Sin, Geum Jan Di dan Yoon Tae Kyung. Di akhir nanti Song Woo Chang akan dijebloskan ke dalam penjara karena telah melakukan banyak kejahatan.

Oleh karena itu agar bisa menjebak Song Woo Chang, Lee Young Sin dengan bantuan Eo Yong Mi berusaha untuk menyusun rencana. Dalam menjalankan rencana tersebut Eo Yong Mi mengorbankan nyawanya. 

4. Berisi Balutan Adegan Romantis 

Rasanya sangat kurang kalau ada drama Korea yang tidak ada adegan romantis. Walaupun drama ini bergenre komedi dan kriminal, ada adegan romantis dari kisah An In Kyung dan Doo Young. Doo Young ini adalah mahasiswa kedokteran yang menyewa loteng di rumah Eo Yong Mi. 

Doo Young ini juga yang mengatakan bahwa ada yang berubah dari In Kyung yang dulunya sangat sederhana. Aku mengira bahwa Doo Young dan In Kyung tidak akan berubah apalagi ketika tahu kalau In Kyung sudah tidak ingin truk kopi padahal Doo Young sedang membuatkan truk kopi.

Akan tetapi firasatku ternyata salah karena ternyata hubungan mereka baik-baik aja. Terus padahal aku udah berharap sih kalau Lee Young Sin itu ada rasa sama Yong Mi, akan tetapi ternyata firasatku salah lagi karena mereka hanya sekedar teman saja. 

Drama Cleaning Up ini sangat menyentuh dan memberikan banyak pelajaran seperti jangan asal investasi, sebagai pemula tentu kita harus belajar dan mencari tahu bagaimana investasi tersebut agar tidak salah langkah. 

Buat kamu yang sedang mencari tontonan menarik, ringan dengan tema kriminal dibalut komedi, Cleaning Up bisa menjadi salah satu referensi. Yuk tulis di kolom komentar bagaimana pengalaman kamu menonton drama ini! Oiya drama ini bisa kamu tonton di aplikasi Vidio ya! Happy watching 😊 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url