Ulasan Film Rentang Kisah Gita Savitri Devi 2020

 Film tentang keluarga dan persahabatan yang sangat menginspirasi

Sinopsis Rentang Kisah

Rentang Kisah merupakan film drama biografi tentang Gita Savitri Devi (Beby Tsabina) yang tinggal di Jerman menjadi mahasiswi. Gita kuliah di salah satu universitas di Berlin mengambil jurusan Kimia Murni. Orangtuanya memberikannya dukungan agar berkuliah di Jerman, awalnya Gita mengikuti SBMPTN dan lolos di ITB, akan tetapi akhirnya dia tidak jadi mengambil kesempatan itu dan pergi ke Jerman.

Tentu saja Gita merasa kebingungan kenapa orangtuanya memintanya untuk berkuliah di luar negeri padahal bukan dari keluarga kaya. Tetapi dia langsung ingat dengan pesan Papanya sebelum pergi ke Amerika untuk merantau, pesan tersebut yang akhirnya membuat Gita mantap untuk berkuliah di Jerman.

Ternyata hidup di negeri orang lain bukanlah perkara mudah, selain harus beradaptasi dengan lingkungannya Gita juga kerap kali mendapatkan masalah di kuliah seperti tidak bisa mengikuti pelajaran dan membuatnya semakin stress. Akan tetapi lambat laun, berkat dukungan kedua orangtuanya Gita bisa mengatasi permasalahan tersebut.

    www.instagram.com/gitasav

Ulasan

Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku mau ulas film biografi favoriteku berjudul Rentang Kisah. Sebenarnya aku udah berkali-kali nonton ini dan nggak pernah bosan karena filmnya memang realistis dan menginspirasi banget. Kalau kamu mau nonton bisa streaming langsung di Disney+ Hotstar ya! Jadi film ini tayangnya udah dari 2020 dan aku baru ulas tahun ini hehehe....

Film ini berkisah tentang kehidupan Gita Savitri Devi sejak kecil yang harus berjauhan dengan Papanya. Saat itu sedang ada krisis moneter di Indonesia, Papanya kehilangan pekerjaan dan memutuskan untuk pergi ke Amerika untuk bekerja. Sejak saat itu Gita hanya tinggal bertiga dengan Mama dan adeknya yang masih kecil.

Alur berubah ke Gita saat SMA yang merasa kebingungan ingin melanjutkan kemana. Gita memang tidak tahu apa passion atau bakatnya, dia juga tidak terlalu bisa mendalami pelajaran di sekolah, jadi dia ikut saja ketika Mamanya mendaftarkannya di banyak les. Ketika dia bingung mau mendaftar kuliah di mana, ia teringat pesan Papanya dan itu yang membuat dia mengikuti SBMPTN di ITB.

Walaupun berhasil masuk, Mamanya tidak memberinya ucapan selamat, Mamanya malah bertanya “terus mau kamu masukin?” pertanyaan yang membuat Gita bingung. Akhirnya kedua orangtuanya memutuskan untuk menguliahkan Gita ke Jerman. Cerita tentang Gita kecil dan Gita SMA memang hanya dijelaskan sedikit karena fokus dari film ini adalah kehidupannya selama di Jerman.

Setelah berada di Jerman, Gita tidak langsung kuliah karena dia harus mengikuti studienkolleg (studkol) yaitu kelas persiapan atau kelas penyetaraan di Jerman sebelum mulai kuliah. Pada film ini nantinya penonton akan diajak untuk mengetahui bagaimana kerasnya hidup di luar negeri untuk anak yang baru masuk kuliah.

Jujur aku ngerasa salut banget sama Kak Gita karena dia bisa bertahan dan nggak menyerah padahal masalah-masalah yang dia hadapi waktu di Jerman itu berat banget. Bahkan ada salah satu scene di mana tampak Kak Gita lari ke kamar mandi dan muntah, di situ mungkin dia ngerasa stress banget karena nggak bisa mengikuti pelajaran seperti teman-temannya.

Kak Gita juga sempat ingin pulang saja ke Indonesia dan kuliah di Indonesia saja karena nggak kuat, tetapi berkah dorongan orangtuanya niat itu diurungkan. Film ini tidak hanya membahas tentang kehidupan kuliahnya saja tetapi juga tentang kisah percintaan dan persahabatannya. Di Jerman dia bertemu dengan mahasiswa Indonesia lain dan sampai sekarang menjadi sahabatnya, bahkan menjadi suaminya.

Jadi film ini kayak dibagi beberapa part gitu, part pertama bahas tentang kuliahnya di Jerman, part kedua bahas tentang sahabat sejati, part ketiga bahas tentang Paul (Bio One) yang sekarang jadi suaminya dan part tentang keluarga. Aku juga jadi sedikit tahu tentang bagaimana kehidupan di Jerman itu seperti ternyata di Jerman ada orang yang hidup dari menjual botol plastik.

Sebenarnya waktu Gita mengalami masalah ekonomi, dia juga mengumpulkan botol plastik untuk mendapatkan uang tambahan. Aku nggak ngebayangin sih gimana bingungnya kita waktu ngerantau ke luar negeri dan nggak punya uang, pasti susah banget deh. Makanya itu aku salut sama perjuangannya Kak Gita bisa bertahan, keren!

Film ini seru banget dan salah satu tokoh yang aku suka adalah Angling. Jadi dia ini diperanin oleh Rigen Rakelna, jadi filmnya ada unsur komedinya juga karena tokoh Angling ini, pokoknya Angling ini orangnya receh banget deh. Tapi film ini ada kekurangannya sih, nggak ada terjemahan untuk percakapan Bahasa Jermannya jadi bikin yang nonton bingung hehehe...Terus adeknya Kak Gita ini awet muda banget karena tokohnya nggak berubah, padahal Kak Gita udah bertahun-tahun di Jerman, harusnya kan adeknya udah besar ya hehehe....

Tapi secara keseluruhan film ini aku rekomendasiin ke kamu yang lagi cari film inspirasi ringan. Film ini juga meraih 5 penghargaan lho di acara IMA Awards 2021 untuk kategori Film Terfavorite, Pemeran Utama Wanita Favorite, Pasangan Terfavorite, Pemeran Pendukung Pria Terfavorite dan Pasangan Terbaik. Sebelum aku tutup ulasan ini, seperti biasa aku mau kasih quotes kesukaan aku,

Keluarga seperti sebuah cabang di pohon, kita semua tumbuh ke arah yang berbeda namun akar kita tetap satu,”

 Judul                 : Rentang Kisah

Sutradara            : Danial Rifki

Produser             : Frederica

Pemeran             : Beby Tsabina, Bio One, Donny Damara, Cut Mini, Junior Roberts

Distributor          : Disney+ Hotstar, KlikFilm

Tanggal               : 11 September 2020

Durasi                  : 98 menit

Rating                  : 6/10 (IMDB)


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url