[Mengulas Film] Ulasan Film Soul (2022)

 

Judul                   : Soul

Genre                  : Komedi

Sutradara            : Pete Docter

Produser             : Dana Murray

Pemeran             : Jamie Foxx, Tina Fey, Graham Norton, Rachel House, Alice Braga, Richard Ayoade

Distributor          : Walt Disney Studios, Motion Pictures

Rilis                    : 25 Desember 2020

Negara                : Amerika Serikat

Rating                  : 8/10 (IMDB) 

            Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku akan mengulas sebuah film animasi yang berjudul Soul. Soul adalah film yang tayang pada tahun 2020 dan bisa kamu tonton di Aplikasi Disney+ Hotstar. Film ini dimulai dari seorang laki-laki bernama Joe Gardner yang bekerja sebagai pekerja paruh waktu di sebuah sekolah, ia merupakan seorang guru musik.

                Pihak sekolah kemudian memberikan kabar kepadanya bahwa dia kini menjadi mentor di sekolah tersebut jadi tidak perlu bekerja paruh waktu lagi. Hal itu sebenarnya kabar baik bagi orangtua Joe, akan tetapi tidak dengan Joe. Sejak kecil Joe menyukai musik jazz dan dia ingin sekali menjadi musisi jazz terkenal, tentu kabar dari sekolahnya itu membuatnya terjebak dalam dilema.

                Ketika sedang kebingungan, Joe mendapatkan telepon dari muridnya yang bernama Curly. Curly mengatakan bahwa dia akan mengadakan konser musik jazz bersama Dorothea Williams dan mengajak Joe untuk bergabung. Kabar itu tentu saja membuat Joe senang dan merasa bahwa sebentar lagi mimpinya akan menjadi kenyataan.

                Akhirnya ia pun pergi ke tempat acara dan latihan dengan Williams. Sepulang dari tempat acara, Joe mengalami kecelakaan karena dia menelpon sambil berjalan lalu masuk ke sebuah lubang. Kemudian dia terbangun dan mendapati jiwanya berpisah dari tubuh aslinya dan dia terjebak di Great Before sebuah tempat untuk jiwa-jiwa yang akan lahir ke bumi.

                Mengetahui hal tersebut tentu membuat Joe kebingungan, dia tidak ingin meninggal secepat itu dan ingin kembali bersatu dengan tubuhnya. Sedangkan di dunia, Joe terbaring koma di sebuah rumah sakit, dirinya ditemani oleh seekor kucing terapis. Film ini berfokus pada bagaiman jiwa Joe bisa kembali pulang sehingga Joe bisa mengikuti acara musik jazz tersebut.

                Ada banyak pelajaran yang bisa aku ambil dari film ini, pertama adalah tentang jangan pernah menyerah pada mimpimu. Ini yang dicontohkan oleh Joe, walaupun orangtuanya menolak, walaupun ada yang ragu dengan mimpinya, tetapi Joe tetap yakin bahwa suatu hari nanti mimpinya akan menjadi kenyataan. Bagaimana usaha keras Joe agar bisa kembali ke tubuhnya itu merupakan salah satu bentuk usaha untuk meraih mimpi.

                Nantinya Joe juga akan bertemu dengan 22 (twenty two) yang merupakan jiwa yang belum hidup dan memiliki ketakutan akan hidup di bumi. Bagian yang menurutku lucu adalah ketika jiwa Joe dan 22 berhasil pergi ke dunia tetapi mereka malah masuk ke tubuh yang salah, 22 masuk ke tubuh Joe sedangkan jiwa Joe masuk ke tubuh kucing.

                Jadi sepanjang film, kamu akan melihat percakapan-percakapan kedua makhluk ini yang tentunya sangat menghibur. Sedangkan pelajaran penting yang kedua adalah penting sekali untuk menikmati momen hidup di setiap menitnya. Joe terlalu fokus pada mimpinya hingga dirinya tidak bisa menikmati kehidupannya.

                Padahal banyak hal yang bisa ia temukan setiap hari, melihat orang-orang berlalu lalang, menatap langit biru, melihat daun berguguran dan kupu-kupu cantik yang beterbangan adalah momen yang sayang untuk dilewatkan. Tidak apa-apa untuk beristirahat sejenak, menikmati apa yang ada di sekitar kita baru setelah itu lanjut berproses lagi.

                Pelajaran terakhir adalah kita selalu memiliki kesempatan untuk berusaha menjadi orang yang lebih baik. Dalam film ketika jiwa Joe masuk ke tubuh kucing, dirinya dan 22 berusaha keras mencari jalan keluar akan permasalahannya tersebut. Mereka bersama-sama melakukan banyak hal untuk bisa kembali ke tubuh Joe.

                Tidak hanya tokoh Joe dan 22 saja, nantinya kamu juga akan melihat banyak tokoh lain yang cukup menghibur keberadaannya. Tentang bagaimana seseorang sebelum pergi ke bumi harus memiliki kepribadian yang lengkap salah satunya harus memiliki semangat dan hasrat untuk melakukan sesuatu. Film ini tidak hanya cocok dinikmati oleh anak-anak saja, melainkan juga bisa untuk orang dewasa. Kalau kamu tertarik nonton jangan lupa komen bagaimana kesan kamu setelah menonton Soul di kolom komentar ya! 😊 Ada salah satu kutipan yang aku suka dari film Soul,

“Ini bukan tentang karierku, ini tentang hidup. Aku takut kalau aku mati itu berarti hidupku tidak berarti apa-apa.”


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url