Ulasan Film Animasi Meet the Robinsons

 

Judul                     : Meet the Robinsons

Sutradara               : Stephen J. Anderson

Produser                 : Dorothy McKim

Distributor              : Walt Disney Pictures

Tanggal Rilis         : 30 Maret 2007 (Amerika Serikat)

Durasi                    : 92 menit

Rating                    : 6.8/10 (IMDB)

                Halo kembali lagi di blogitawelasti, kali ini aku akan mengulas sebuah film animasi yang tayang di tahun 2007 berjudul Meet the Robinsons. Jadi film ini berkisah tentang seorang anak jenius bernama Lewis yang sayangnya memiliki kehidupan yang kelam. Sejak kecil, dirinya tinggal di sebuah panti asuhan dan memiliki teman sekamar bernama Goob. Walaupun hidup di panti asuhan, Lewis tumbuh menjadi anak jenius yang bisa menciptakan berbagai macam alat canggih.

                Ketika ada wali yang ingin mengadopsinya, wali tersebut langsung menolak setelah mengetahui Lewis yang terlalu jenius, membicarakan banyak hal yang sulit dimengerti orang lain dan itulah yang membuatnya sedih karena dirinya merasa tidak lagi memiliki harapan dalam hidupnya. Sampai suatu hari, dia memiliki keinginan untuk mengetahui alasan Ibunya mengapa meninggalkannya di panti asuhan, ia juga penasaran bagaimana wajah Ibunya.

                Lewis yang jenius tentu saja memiliki banyak ide, dirinya berencana membuat sebuah alat bernama mesin waktu guna memutar kenangannya di masa lalu dan menemukan Ibunya. Siang malam Lewis bekerja hingga mengorbankan waktu tidurnya yang dia kerjakan hanya membuat alat itu yang kemudian akan didemonstrasikan di sebuah pekan sains. Di sisi lain ada Goob, teman sekamarnya yang akan menghadapi pertandingan olahraga tetapi dirinya tidak cukup istirahat karena Lewis membuat kamar berisik jadi Goob tidak bisa tidur. 

                Sangat disayangkan karena setibanya di pekan sains, Lewis malah membuat kekacauan dengan mesin waktu yang dia buat. Sebenarnya itu adalah ulah dari pria bertopi bundar yang datang dari masa depan bersama Doris (sebuah topi penolong yang memiliki dendam tersendiri dengan Lewis) sehingga dia ingin mencuri mesin waktu milik Lewis dan mengacaukan masa depannya Lewis.

                Film dengan durasi 92 menit ini menggunakan alur maju mundur yang mengisahkan tentang kehidupan masa depan dan masa lalu Lewis. Ada satu tokoh yang tidak suka dengan Lewis sehingga ingin mengacaukan masa depannya, tokoh itu bahkan mengejar Lewis hingga ke masa depan. Film ini memberikan banyak pelajaran penting seperti mencoba berdamai dengan masa lalu dan fokus terhadap masa depan.

                Tokoh Lewis yang ingin mencari Ibunya ingin kembali ke masa lalu, ternyata tindakannya itu malah mengacaukan masa depannya. Nantinya akan bermunculan para tokoh yang datang dari masa depan Lewis, tokoh-tokoh yang akhirnya bisa menjadi keluarga barunya jadi dia bisa lebih mengikhlaskan masa lalunya. Selain itu film ini juga memberikan pelajaran tentang betapa bahayanya dendam karena tidak hanya menghancurkan orang lain saja tetapi juga bisa menjadi bumerang ke diri sendiri. Goob yang gagal dalam kompetisi olahraganya menyalahkan Lewis hingga dia ingin membalaskan dendamnya, ia merasa bahwa kekacauan hidupnya itu disebabkan oleh teman sekamarnya itu. Padahal sepanjang film, tidak ada usaha Goob untuk bangkit dari keterpurukannya, kita tentu saja boleh bersedih tetapi hidup terus berjalan jadi bangkitlah perlahan-lahan.

                Goob memang hampir berhasil mengacaukan masa depan Lewis, tetapi dirinya ternyata juga ikut hancur. Goob hanya dimanfaatkan oleh Doris (topi yang pernah dibuat Lewis tetapi tidak dibutuhkan lagi jadi topi tersebut balas dendam), Doris menggunakan dendam Goob untuk menghancurkan Lewis lalu mencuri mesin waktunya. Semua orang memang memiliki kisah masa lalunya masing-masing, tetapi janganlah fokus terhadap masa lalu yang sudah berlalu itu, fokuslah untuk menata masa depan dengan belajar dari masa lalu. Seperti yang sering diucapkan Lewis dalam film keep moving forward (teruslah maju). Selamat menonton ya!


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url