[Mengulas Film] Ulasan Film Zootopia

 Zootopia merupakan salah satu film animasi yang memberi banyak pelajaran kepada pembaca tentang pentingnya memperjuangkan sebuah mimpi. Film animasi Zootopia ini ditayangkan pada tahun 2016 yang cocok untuk anak kecil. Film dengan durasi 1 jam 50 menit ini bergenre komedi yang berasal dari Negeri Paman Sam.

Sutradara: Byron Howard dan Rich Moore

Genre: Komedi

Produser: Clark Spencer

Penulis Skenario: Jared Bush dan Phill Johnston

Perusahaan Produksi: Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios

Tanggal liris (Indonesia): 17 Februari 2016

Sinopsis Film

Film ini dimulai dengan penampilan drama oleh mamalia salah satunya adalah kelinci. Penampilan drama ini diakhiri dengan impian 3 mamalia yang ingin menjadi aktuaris, astronot dan polisi. Salah satu mamalia bernama Judy Hopps mendapatkan ejekan dari orang-orang bahwa mustahil seorang kelinci bisa menjadi polisi.

Orangtua Judy juga tidak memberinya dukungan malah meminta anaknya untuk menjadi petani wortel saja seperti keluarga kelincinya yang lain. Akan tetapi Judy tidak menghiraukan itu semua, kelinci itu tetap memperjuangkan impiannya menjadi seorang polisi.

Cerita dilanjut ketika Judy Hopps berhasil melewati berbagai pelatihan yang diadakan oleh akademi kepolisian Zootopia. Hal tersebut tentu membuat orangtua dan keluarganya bangga karena baru kali itu ada kelinci yang bisa menjadi seorang polisi dan langsung ditugaskan di pusat kota Zootopia.

Tetapi sesampainya disana, Hopps ternyata masih tidak mendapatkan kepercayaannya dari ketua polisi bernama Bogo. Hewan lain yang lebih besar seperti rusa, gajah dan badak diperbolehkan untuk menyelesaikan suatu misi untuk menemukan 14 mamalia hilang, akan tetapi Hopps hanya diberikan tugas menjadi tukang parkir.

Walaupun hanya menjadi tukang parkir, Hopps tetap menjalankan tugasnya dan berhasil mencetak 200 tiket pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara di Zootopia. Film animasi Zootopia ini banyak mengajarkan kita tentang arti sebuah keyakinan akan impian yang ingin dicapai. Ejekan dan bullyan yang diterima Hopps tidak menjadikannya lemah dan tetap semangat meraih mimpinya.

Film dilanjut dengan kasus pertama Hopps yaitu perampokan sebuah toko dan dia berhasil menangkap pencurinya. Akan tetapi kepala polisi Bogo malah memarahinya dan ingin memecat Hopps. Tiba-tiba datang seorang berang-berang wanita yang mengatakan bahwa suaminya telah hilang selama 10 hari dan Hopps berinisiatif untuk mencari berang-berang itu dan diberi waktu 2 hari oleh kepala polisi.

Selama masa pencarian, Hopps bertemu dengan seekor rubah yang merupakan salah satu predator bernama Nick. Bersama Nick, Hopps akhirnya memutuskan untuk menjalankan misi pencarian berang-berang yang hilang bersama. Di tengah-tengah proses pencarian, Hopps dan Nick menemukan sebuah fakta baru terkait kasus 14 mamalia yang hilang. Akankah mereka berhasil memecahkan kasus tersebut?

Film kartun animasi yang satu ini selain mengajarkan tentang perjuangan mendapatkan sebuah impian juga menyadarkan kita terkait persahabatan dan pentingnya menghargai sebuah perbedaan. Hal ini digambarkan oleh dua jenis mamalia predator dan mangsa, dimana mereka hidup tidak rukun. Hal ini dikarenakan jenis hewan predator selalu ditakuti dan dianggap semuanya jahat.

Di Balik Layar Film

Film animasi Zootopia diperankan beberapa aktor dan aktris seperti Ginnifer Goodwin, Idris Elba, Jason Bateman, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J.K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk dan Shakira.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url