[Mengulas Buku] Ulasan Buku Steve Jobs

 Penulis: Sony Adams

Penerbit: Penerbit Biography

Tahun Terbit: 2018

Buku dengan 11 bab ini menceritakan sebuah kisah tokoh yang masih terkenal hingga saat ini. Seorang tokoh yang berhasil mengguncang dunia dengan menciptakan sebuah teknologi canggih hingga saat ini dan tokoh tersebut bernama Steve Jobs. Di bab pertama penulis menceritakan bagaimana kehidupan masa kecil tokoh yang memiliki nama asli Steven Paul Jobs.

Masa kecil Steve Jobs tidak indah karena dia lahir di luar pernikahan. Hal ini dikarenakan hubungan orangtua kandungnya yang bernama Joanne Schieble dan Abdulfatah Jandali tidak direstui oleh orangtua ibunya, mereka juga berbeda keyakinan. Walaupun hubungan keduanya dilarang, mereka tetap berhubungan hingga Joanne hamil.

Tahun 1955 Joanne Schieble pergi ke San Fransisco untuk melahirkan bayinya. Setelah itu ia meminta sang dokter yang memang menampung anak yang lahir di luar pernikahan untuk mengatur proses adopsi Steve Jobs kecil. Steve Jobs pun akhirnya diadopsi oleh pasangan yang bernama Paul Jobs dan Clara Hagopian. Meskipun awalnya ibu kandung Steve tidak setuju kedua pasangan itu yang mengadopsi karena tidak sesuai kriterianya, akhirnya dia pun mengalah.

Selain menceritakan tentang bagaimana kehidupan Steve Jobs di masa kecil yang sudah mulai tertarik dengan dunia elektronik, penulis juga memaparkan bagaimana Steve Jobs bisa mendirikan sebuah perusahaan besar yang terkenal hingga saat ini. Di dalamnya berisi cerita tentang awal mula Steve Jobs membangun Apple bersama sahabatnya Steve Wozniak dan mendirikan perusahaan lainnya.

Buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan setiap tulisan di setiap halamannya juga tidak begitu panjang. Hal ini bisa membuat pembaca cepat menamatkan buku ini dan tidak merasa bosan. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan quotes motivasi yang mencerminkan semangat Steve Jobs untuk mengejar impiannya.

Walaupun Steve Jobs pernah dikeluarkan dari Apple karena gaya kepemimpinannya yang keras dan suka memaki bawahannya, ia tidak menyerah. Hal ini dibuktikan dari membuat perusahaan bernama NeXT dan diakhiri dengan penutupan perusahaan tersebut pada tahun 1993. Walaupun harus jatuh bangun, Steve akhirnya membeli sebuah komputer grafis dari Lucasfilm seharga 10 juta dolar. Setelah itu ia pun kembali mendirikan perusahaan bernama Pixar yang merupakan perusahaan animasi hingga membuat Disney tertarik. Lewat Pixar, Steve Jobs akhirnya bangkit kembali.


Buku ini mengajarkan kepada pembaca bahwa kegagalan adalah hal yang biasa terjadi di dalam hidup. Bahwa jika ingin menjadi orang besar memang harus melalui rintangan yang tidak mudah. Bagaimana Steve Jobs akhirnya bisa kembali ke Apple dan menciptakan produk-produk unggul yang bisa kita gunakan hingga saat ini seperti iPhone dan iPad.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url