[Mengulas Buku] Ulasan Buku Latihan Untuk Calon Penulis




Judul : Buku
Latihan Untuk Calon Penulis
Penulis : Puthut EA
Penerbit : Buku Mojok
Halo kembali lagi di blogitawelasti dan kali ini aku mau mengulas tentang Buku Latihan Untuk Calon Penulis karya Puthut EA dan diterbitkan oleh Mojok. Buku ini nggak ada halamannya, tapi kemungkinan jumlah halamannya adalah 100-an halaman. Jumlah yang sedikit dan isinya juga nggak begitu banyak, jadi buku ini bisa dibaca untuk sekali duduk. Sebenarnya alasanku beli buku ini karena penasaran dengan isinya dan kebetulan temenku merekomendasikannya untuk aku dan katanya sih bagus. Jadi aku memutuskan untuk pergi ke Gramedia dan membeli buku dengan harga Rp58.000 ini, cukup murah bukan?
Kita mulai dari bagian sampulnya yang menurutku simpel banget. Hanya warna hitam yang berisi judul dengan warna silver. Nggak ada warna lain di dalamnya, hanya silver dan hitam saja.Kalau kamu baca bagian belakang bukunya akan menemukan tulisan kalau buku ini bukan buku motivasi untuk menulis dan juga bukan buku panduan untuk menulis. Menurutku dan menurut penulis juga buku ini akan menjadi teman untuk kamu menulis. Aku setuju karena menurutku buku ini benar-benar bisa menjadi teman. Hanya ada 20 quotes atau kata-kata motivasi yang dituliskan dalam buku ini. Lalu Puthut EA juga kerap membagikan ide-ide yang bisa dituangkan dalam tulisan. 
Idenya cukup unik dan aku ketika aku membaca idenya, aku berfikir kalau “bukunya bagus dan penulisnya benar-benar menemani pembaca untuk menulis.” Aku suka sekali semua ide yang tertuang dalam buku seperti salah satunya adalah penulis menanyakan kepada pembaca apakah pernah pergi ke yayasan anak yatim piatu atau berkebutuhan khusus, pembaca diminta untuk mengajak mereka bercengkrama lalu menuliskan pengalamannya di kertas yang telah disediakan. 
Jadi setiap satu halaman quotes dan ide akan ada 4 lembar kosong yang bisa kamu isi sesuai dengan ide-ide yang telah disebutkan dalam buku. Seperti jumlah ide dan quotes di dalamnya, pada bagian sampul ada tulisan #20haribercerita. Jadi buku ini benar-benar akan menemani kamu untuk mulai belajar menulis. Ada banyak kutipan yang akan menjadi penyemangat kamu agar mau terus menulis. Kutipannya juga ‘nampol’ deh. 
Sebenarnya waktu aku buka bukunya aku juga bingung mau menulis apa, apalagi jumlah halaman yang kosong ada banyak jadi kayak eman-eman aja kalau nggak ditulisin apa.apa. Tapi aku mau ngasih ide juga buat siapapun yang baca ini, jadi teman-teman bisa menulis diary atau buku harian di buku ini. Menulis tentang apa hal yang membuat teman-teman senang atau sedih di setiap harinya bisa ditulis dalam buku. Aku juga sedang menulis hal itu setiap harinya, jadi kita juga bisa lebih mengenal diri kita sendiri dengan menulis. 
Buku ini cocok sekali untuk teman-teman yang mau belajar menulis secara konsisten, sebenarnya bisa menulis apa saja yang teman-teman inginkan, jangan ragu dan jangan terlalu sering berfikir ‘jangan-jangan’ seperti yang dituliskan oleh Puthut EA dalam bukunya. Ada banyak kutipan yang akan membantu kamu untuk lebih semangat menulis dan bercerita. Salah satu kutipan yang paling aku suka adalah laptop seharga puluhan juta tak akan bisa menolongmu menulis dengan bagus. Penulis hebat bahkan hanya butuh beberapa lembar kertas atau menulis di ponsel. Aku setuju sekali dengan kutipan ini karena memang benar, penulis bisa menulis di mana saja, tidak hanya di laptop saja, bisa di ponsel dan di selembar kertas. Jadi mulailah menulis dari sekarang dan jangan lupa untuk mulai membaca buku ini ya! 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url