[Mengulas Buku] Ulasan Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Patah Hati


 Judul : Baca Buku Ini Saat Engkau Patah Hati

Penulis : Arina Milataka (Akata)

Penerbit : Anak Hebat Indonesia (AHI)

Jumlah halaman : 296 hlm

Buku dengan tebal 296 halaman ini ditulis oleh Akata yang merupakan penulis asal Yogyakarta. Buku ini bercerita tentang cinta baik dari definisi cinta, bagaimana hidup berpasangan, patah hati, ekspektasi dan cara bertahan dari patah hati. Akata mengajak pembaca untuk berpikir realistis ketika mencintai seseorang. Terkadang kita terlalu sering melihat interaksi pasangan lain dan membandingkannya dengan diri kita. Tanpa kita sadari hal tersebut menjadikan kita orang yang selalu punya ekspektasi tinggi.

Akata juga menceritakan contoh-contoh nyata di sekitar kita tentang orang yang berpasangan. Lewat buku ini, penulis menjelaskan bahwa patah hati itu memiliki lima fase, pertama adalah menolak. Pada fase ini seseorang yang mengalami patah hati masih belum bisa menerima kenyataan bahwa hubungannya dengan seseorang telah berakhir.

Berlanjut ke fase kedua yaitu marah. Pada fase ini seseorang memang sudah menyadari bahwa hubungannya telah berakhir akan tetapi tetap tidak bisa baik-baik saja. Emosinya masih belum stabil dan sering mengeluarkan umpatan-umpatan. Ketiga adalah tawar menawar, keempat adalah depresi yakni puncak dari patah hati lalu masuk ke fase terakhir yaitu mengikhlaskan. Di sini seseorang sudah mulai belajar untuk merelakan apa yang telah pergi.

Tidak hanya itu, Akata juga berusaha memberikan kita pemahaman mengenai apa itu cinta, kebanyakan orang zaman sekarang mengartikan cinta dengan pemahaman yang kurang tepat seperti melakukan hal-hal yang kurang masuk akal ketika kita jatuh cinta. Akata memberikan contoh seperti kita sering merasa ragu apakah pasangan mencintai kita? Apakah porsi mencintai kita sama? Tanpa kita sadari, kita juga sering menuntut hal kepada pasangan karena membandingkan hubungan kita dengan yang lain.

Buku ini sangat ringan, dijelaskan dengan bahasa yang sederhana. Buku ini juga tampak cantik karena di dalamnya ada ilustrasi-ilustrasi unik sehingga pembaca tidak mudah bosan. Aku beli buku ini di Gramedia Matahari Duta Plaza Denpasar dengan harga Rp 55.000.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url