Review Novel Tentang Kamu, Buah dari Ketabahan Hati

 


Blogitawelasti - Novel Tentang Kamu adalah novel yang memiliki banyak pelajaran penting mengenai kesabaran dan ketabahan hati. Lewat novel ini, kamu akan belajar dari tokoh bernama Sri Ningsih, menyelami kehidupannya yang pelik.

Membaca novel dengan tebal halaman mencapai angka 500 ini memang membutuhkan waktu. Hanya saja, setelah membacanya, kamu akan merasa gemas dengan ending yang disajikan penulis. Walaupun sampulnya tampak sederhana, tetapi cerita di dalamnya tidak.


Identitas Novel Tentang Kamu

Judul               : Tentang Kamu

Penulis             : Tere Liye

Tahun              : 2023 (cet. 16)

Penerbit           : PT Sabak Grip Nusantara

Halaman          : 503 hlm


Blurb Novel Tentang Kamu

Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu. Itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan fakta.

Terima kasih. Nasihat lama itu benar sekali. Aku tidak akan menangis karena sesuatu telah berakhir, tapi aku akan tersenyum karena sesuatu itu pernah terjadi.

Masa lalu. Rasa sakit. Masa depan. Mimpi-mimpi. Semua akan berlalu, seperti sungai yang mengalir. Maka biarlah hidupku mengalir seperti sungai kehidupan.


Review Novel Tentang Kamu

Aku membutuhkan waktu berhari-hari untuk menghabiskan novel Tentang Kamu karena terlalu tebal, tapi akhirnya aku penasaran dan kemarin aku memutuskan untuk menghabiskan novelnya, jadi langsung tamat. Kalau mau baca, bisa baca reviewnya di bawah ini.


1.    Berkisah Tentang Warisan

Novel dengan sampul berwarna biru ini berkisah tentang perjuangan pengacara asal London bernama Zaman Zulkarnaen untuk mencari ahli waris Sri Ningsih. Tokoh utama dalam novel ini adalah Sri Ningsih yang disebut dengan “anak kecil yang dikutuk.”

Pembaca akan diajakn mengetahui bagaimana kisah hidup Sri Ningsih sejak kecil di Pulau Bungin hingga meninggal di Paris. Kisah hidup yang layak dipelajari ini memang sangat pelik dan menyedihkan. Sri adalah gadis pendek, hitam, dan gempal yang tidak beruntung, namun punya semangat belajar tinggi.

Penulis membagi kisah sesuai dengan jumlah buku harian Sri Ningsih. Lewat Zaman Zulkarnaen, pembaca juga akan diajak berkeliling dunia untuk mengenal Sri Ningsih. Walaupun tidak memiliki latar belakang pendidikan tinggi, Sri pandai belajar sehingga bisa berkeliling dunia.


2.    Kesabaran yang Tiada Batas

Sri Ningsih adalah tokoh yang berhasil membuatku bertanya-tanya, memangnya ada tokoh sesabar Sri di dunia nyata? Kalaupun ada, bukankah jumlahnya sedikit alias jarang sekali? Siapa pula yang bisa sabar memeluk semua perasaan sakit akibat siksaan ibu tiri dan kehilangan orang yang disayang?

Semuanya terjawab di novel Tentang Kamu karena setiap Sri berhadapan dengan ‘hantu’ masa lalu, Sri akan pergi ke tempat lain dan memulai hidup baru. Ia bahkan menyembunyikan hartanya dengan sangat cantik agar tidak diperebutkan orang-orang serakah.

Karena itu, pembaca bisa melihat banyak negara dan keindahannya. Dari Pulau Bungin ke Surakarta lalu ke Jakarta terus ke London dan berakhir di Paris. Kesabaran dan ketabahan Sri berhasil membawanya menuju impian-impian itu.


3.    Diselipkan Adegan Romansa dan Aksi

Siapa setuju kalau romance tipis-tipis itu bikin ketar-ketir? Adegan romansa yang sedikit antara Zaman dengan Aimee – perawat di panti jompo tempat Sri Ningsih, berhasil membuatku senyum-senyum sendiri.

Kisah mereka bisa menjadi pelengkap dari perjalanan kehidupan seorang Sri Ningsih. Tentu saja penulis juga memasukkan adegan romansa antara Sri dan Hakan yang tidak berlebihan namun membuatku terus mengingatnya.

Ada juga adegan aksi yang sangat menegangkan saat Zaman Zulkarnaen akan menemukan penjahat yang menghantui Sri selama ini. Adegan aksi ini ada di beberapa halaman sebelum tamat sehingga adegan tersebut rasanya sangat menegangkan.

Lagi-lagi penulis apik dalam menggambarkan setiap adegan aksi sehingga membuat pembaca seolah-olah melihatnya langsung.


Tentang Kamu bukan novel biasa melainkan novel luar biasa yang membuat pembaca tidak bisa move on. Kalau kamu lagi cari rekomendasi novel Tere Liye lainnya bisa cari di sini.

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url