Ulasan Novel Bad Romance Karya Equita Millianda



Kamu lagi mencari referensi novel tentang kisah remaja? Bad Romance adalah jawabannya! Novel karya Equita Millianda ini dibukukan setelah sebelumnya diunggah di platform menulis Wattpad. Novel ini juga sudah dibaca sebanyak 7 juta kali, wah tentunya penasaran dong bagaimana ceritanya?

Walaupun novel ini membahas tentang kisah remaja, akan tetapi alurnya sangat menarik dan beda dari novel-novel lainnya. Konflik yang dibahas di dalam juga ‘dalam’ sekali dan mungkin saja di luar ekspektasi kamu selaku pembaca. 

Identitas Novel Bad Romance

Judul : Bad Romance

Penulis : Equita Millianda 

Kategori         : Novel Romansa

ISBN : 978 602 0851 66 2

Halaman         : 384 halaman 

Tahun : 2016

BLURB Novel Bad Romance 

Nathaniel Adriano Wirasetya adalah seorang cowok yang hobi banget bikin rusuh seantero sekolah. Mulai dari hal sepele kayak telat, bikin kerusuhan, sampai tawuran. Parah? Banget. Tapi statusnya sebagai cucu pemilik yayasan seolah bikin semua peraturan menguap gitu aja kalau udah menyangkut nama Nathan.

Katya jengah dengan kelakuan sok berkuasa dan sok gantengnya Nathan. Sampai akhirnya Katya berani melawan, tapi justru malah membuat Nathan semakin menjadi-jadi. Sampai pada suatu hari, hari di mana mereka memutuskan untuk membuat sebuah perjanjian paling laknat sepanjang masa. Dan semuanya berawal dari sana. 

Ulasan Novel Bad Romance 

Mungkin jika hanya dilihat dari blurb bagian belakang novel ini, banyak yang akan mengira kalau ceritanya tentang dua manusia berbeda jenis yang awalnya saling benci kemudian saling cinta. Klise? Mungkin itu kesan pertama yang akan didapatkan, akan tetapi ternyata penulis berhasil membuat alur yang tidak biasa.

1. Konflik yang Dalam 

Kalau kamu mengira novel ini hanya membahas tentang kisah cinta anak remaja SMA, si murid paling nakal di sekolah dengan murid rajin, kamu tidak sepenuhnya salah. Walaupun membahas tentang seorang Nathan yang terkenal pembuat onar dan Katya si perempuan rajin, ada masalah lain yang juga dibahas. 

Penulis berhasil menghadirkan cerita yang ‘dalam’ pada tokoh Nathan. Nathan atau anak-anak lainnya di luar sana yang sering kita bilang “nakal” biasanya karena ada sebabnya, begitu pula dengan Nathan. Nathan memiliki masalah keluarga yang bisa dibilang cukup pelik.

Sampai merasa bahwa “apa memang benar ada anak seumuran Nathan, yang seharusnya mendapatkan kasih sayang dari orangtuanya, harus mengalami hal-hal menyakitkan?” Memang cukup pelik permasalahannya, di umur yang masih muda, Nathan harus melihat kejadian menyakitkan. 

Papanya keras dan sering bersikap kasar kepada Mamanya yang bernama Nathalia Syafira. Akibat perilaku kasarnya itu, Mama Nathan memutuskan untuk bunuh diri di hadapan Nathan dan itu juga yang membuat Nathan kehilangan adiknya, Nathania. 

Ini konflik yang jarang banget ditemukan di novel-novel remaja lainnya, konflik ini cukup pelik dan tentu saja menyakitkan. Tidak bisa dibayangkan bagaimana rasanya jadi Nathan, siswa SMA yang masih membutuhkan kasih sayang kedua orangtuanya. 

2. Ketulusan Cinta 

Nathan memang memiliki luka di hatinya, namun dia beruntung karena ada Katya. Katya ini sebenarnya dulu musuh Nathan, perempuan yang suka mengganggu Nathan yang sedang berbuat onar ini lama kelamaan mengusik hati dan pikirannya. 

Akan tetapi dalam novel Bad Romance ini, pembaca akan diajak untuk turut merasakan bagaimana perjuangan seorang Katya untuk mencoba menyadarkan Nathan bahwa Nathan itu tidak sendiri, bahwa Katya akan selalu berada di sampingnya dalam keadaan suka maupun duka. 

Katya ini tipikal perempuan yang dia itu pengen kalau pasangannya itu cerita ke dia ketika lagi nggak baik-baik aja. Selalu minta pasangan untuk terbuka sama dia dan cari solusinya bareng-bareng, sebenarnya nggak salah, hanya saja nggak semua orang bisa seperti itu. 

Kadang ada orang yang ketika dirinya lagi nggak baik-baik aja dia pengen menyendiri dulu, berusaha untuk menenangkan pikirannya sendiri dulu, baru nanti kalau siap cerita dia bakal cerita. Katya nggak salah memang, hanya saja dia nggak mendengarkan omongan orang di sekitarnya untuk memberi Nathan waktu.

Dilihat dari peliknya masalah dan dalamnya luka yang dirasakan Nathan, tentu saja Nathan nggak bisa buat langsung cerita begitu saja, pasti dia butuh waktu. Di sini Katya seakan-akan maksa Nathan buat terus cerita, mungkin maksudnya memang baik biar Nathan itu nggak melakukan hal-hal yang membahayakan. 

Tentu aja ini salah satu pelajaran penting kalau nanti kita punya pasangan, nggak ada salahnya buat ngasih waktu apalagi kalau kita sudah tahu sedikit tentang luka atau masalah yang dialami pasangan. Nanti juga dia bakal cerita ke kita kok pasti 😊 

3. Sayangnya Kakak ke Adik 

Bagian ini yang mungkin bisa membuat pembaca baper, Agatha adalah kakak Katya, dia itu selalu mengutamakan Katya, apalagi mereka hanya tinggal berdua aja. Agatha ini adalah tipe abang yang selalu pasang badan kalau ada yang nyakitin Katya.

Jadi, waktu Nathan bikin Katya nangis, Agatha jelas saja langsung marah dan ngasih peringatan ke Nathan buat nggak bikin Katya sedih lagi. Walaupun tentu aja Agatha dan Katya itu kayak anjing sama kucing, selalu bertengkar, tapi bagian ini yang bisa membuat pembaca terhibur. 

4. Berani Memberikan Kesempatan Kedua

Poin berikutnya adalah tentang keberanian untuk memberikan kesempatan kedua. Memaafkan seseorang yang sudah memberikan luka di hati kita memang nggak mudah, rasanya mungkin kayak nggak bisa memaafkan orang itu lagi dan membiarkan mereka hidup dalam rasa bersalah. 

Tapi ini yang coba dilakukan oleh Nathan kepada Papanya, setelah sekian lama akhirnya Papanya sadar kalau perbuatannya dulu itu sangat menyakitkan anak laki-lakinya itu. Tapi Papanya mau berusaha untuk minta maaf dan mengakui kesalahan.

Nathan juga walaupun dengan berat hati, dia mau memberikan kesempatan kedua kepada Papanya dan tentu saja itu bukan hal yang mudah. Menjalin hubungan dengan orang yang seharusnya menjadi panutan kita tetapi malah menjadi sumber luka itu tidaklah mudah. 

5. Tentang Alur 

Terakhir adalah tentang alurnya yang maju mundur ini, aku suka sama novelnya karena penulis berhasil menceritakan kejadian demi kejadian dengan sangat detail. Walaupun ada di beberapa bagian yang sepertinya terlalu cepat, tetapi novel ini direkomendasikan banget buat dibaca!

Setiap buku yang kita baca itu pasti memberikan pelajaran penting tentang kehidupan di sekitar kita, termasuk novel Bad Romance ini. Pelajaran penting tentang bagaimana usaha seseorang untuk pulih dan bangkit dari keterpurukan. Novel ini aku beri rating 8.5/10, siap-siap dibikin baper juga sama Nathan! Hehe 😊 



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url